Bagaimana Proses Pemberian Pengakuan Kemerdekaan Mesir Kepada Indonesia

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Meskipun proklamasi kemerdekaan telah dikumandangkan oleh Ir Soekarno pada tanggal 17 Agustus 1945, akan tetapi hal itu tidak serta merta membuat Indonesia mendapatkan pengakuan kemerdekaan dari negara lain. Bagaimana proses pemberian pengakuan kemerdekaan Mesir kepada Indonesia?

Seperti yang telah banyak diketahui, berdirinya suatu negara memang dipengaruhi oleh unsur deklaratif. Namun, itu saja tidak cukup tanpa adanya pengakuan dari negara lain. Hal itu berguna agar Indonesia tidak diasingkan dalam hubungan internasional.

Bagaimana Pengakuan Kemerdekaan Mesir Kepada Indonesia?

Negara pertama yang memberikan pengakuan kemerdekaan Indonesia adalah Mesir. Pengakuan tersebut datang saat terjadinya Konsul Jenderal Mesir, Muhammad Abdul Mu’im yang datang ke Yogyakarta pada tanggal 13 hingga 16 Maret 1947.

Baca juga:  Sebutkan Struktur Teks Persuasi? Mudah Saja Kok

Tujuan dari Jenderal Mesir tersebut datang ke Indonesia memang untuk menyampaikan pesan dari Liga Arab yang mendukung kemerdekaan Indonesia. Liga Arab sendiri merupakan organisasi yang terjalin oleh negara-negara Arab.

Mesir secara resmi mengakui kemerdekaan Indonesia pada tanggal 22 Maret 1947. Setelah itu, pada tanggal 10 Juni 1947, terjadi penandatanganan perjanjian persahabatan antara Indonesia dengan Mesir.

Pada momen tersebut, pihak Indonesia diwakilkan oleh Haji Agus Salim, AR Baswedan, Nazir Pamoentjak, dan Rasjidi. Sementara itu perwakilan Meir adalah Mahmud Fakmi Nokrashi.

Pengaruh Pengakuan Kemerdekaan Indonesia oleh Mesir

Adapun pengakuan Mesir terhadap kemerdekaan Indonesia itu sangatlah berperan penting. Di mana Mesir keram kali mengajak dan menganjurkan negara-negara anggota liga Arab mengakui kemerdekaan Indonesia.

Baca juga:  Perbedaan Arkeologi dan Antropologi yang Harus Kalian Tau

Bahkan, Pascamerdeka, Mesir memberikan dukungan dengan mengajak deretan Negara Timur Tengah, seperti Suriah, Qatar, Irak, Arab Saudi untuk mendukung Indonesia.

Dukungan tersebut diberikan bukan tanpa alasan. Dukungan tersebut diberikan atas dasar ikatan keagamaan, persaudaraan, dan kekeluargaan. Sebelum pada akhirnya Jenderal Mesir ke Yogyakarta, pengakuan kemerdekaan ini bermula dari kuatnya dukungan rakyat Mesir terhadap Indonesia.

Bahkan, di Mesir sendiri, berbagai media massa telah gempar menampilkan pernyataan dari partai politik serta ormas setempat yang mengkritik Belanda. Di mana ketika itu, Belanda masih dianggap tidak rela melepaskan Indonesia yang telah memproklamirkan kemerdekaannya.

Hal itu juga diwarnai dengan para pemuda serta mahasiswa Mesir yang melakukan demonstrasi yang pada akhirnya membuat Kedutaan Besar Belanda di Kairo idak aman.

Baca juga:  Apa saja Peninggalan dari Kerajaan Majapahit? Cek Jawabannya Disini

Setekah peristiwa itulah Jenderal Mesir, Kamil Abdurahim Bey memanggil perwakilan Indonesia di Mesir. Setelah dengan yakin memastikan bahwa Indonesia tidak terlibat hubungan lagi dengan Perwakilan Belanda, Mesir secara de facto mengakui kemerdekaan Indonesia.

Itulah Uraian mengenai pengakuan kemerdekaan Mesir kepada Indonesia yang bisa kamu ketahui.