Bagaimana Proses Pembentukan Minyak Bumi?

Foto oleh Pixabay

Minyak bumi menjadi salah satu sumber daya alam yang memiliki begitu banyak manfaat. Misalnya minyak bumi dapat disuling untuk menghasilkan solar, bensin dan berbagai bentuk petrokimia lainnya. Minyak bumi terbentuk secara alami dari endapan hidrokarbon dan bahan organik lainnya. 

Minyak bumi adalah sumber daya alam yang letaknya di dalam bumi dan terbentuk dari proses endapan fosil selama jutaan tahun. Dengan kata lain, minyak bumi ini salah satu sumber daya alam yang tidak terbarukan sehingga perlu digunakan dengan sebijak mungkin. Lantas bagaimana proses pembentukan minyak bumi? Berikut ini penjelasannya!

Proses Pembentukan Minyak Bumi 

Pernahkah kamu ke pantai dan melihat anjungan minyak bumi? Ini merupakan salah satu tempat minyak bumi diproses sehingga dapat digunakan sebagai sumber daya di kehidupan kita. Cara kerjanya dengan melakukan pengeboran permukaan bumi sampai ke sumber minyak bumi.

Baca juga:  Mengetahui Apa itu Invasi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Proses pembentukan minyak bumi dimulai ketika sisa-sisa organisme seperti hewan dan tumbuhan tertimbun di dalam lapisan kerak bumi selama jutaan tahun. Sisa organisme yang tertimbun tersebut akan bergerak ke dalam lapisan kerak bumi melalui bantuan pergerakan lempeng. 

Selanjutnya, separuh sisa-sisa organisme tersebut akan menjadi fosil dan bereaksi dengan panas bumi dan gas alam yang terbentuk alami. Proses ini akan mengubah fosil menjadi cairan hitam yang selanjutnya disebut sebagai minyak bumi. 

Pengolahan minyak bumi dapat dilakukan melalui dua tahap. Pertama, dilakukan distilasi bertingkat dengan tujuan memisahkan fraksi-fraksi minyak bumi berdasarkan titik didihnya. Bagian yang memiliki titik didih tinggi akan membentuk cairan dan turun ke bawah. Di sisi lain, bagian yang memiliki titik didih rendah akan menguap naik ke atas melalui sangkup gelembung. 

Baca juga:  Rumus Diskriminan dan Cara Menghitungnya

Tahap kedua, akan dilakukan proses lanjutan dari hasil penyulingan yang telah dilakukan. Misalnya, ekstraksi, kristalisasi, perengkahan, dan pembersihan dari kontaminasi. 

Manfaat Minyak Bumi

Setelah mengetahui proses pembentukan minyak bumi, mungkin kamu juga perlu tahu apa saja manfaat dari minyak bumi yang dapat kita rasakan dalam kehidupan sehari. Ada berbagai manfaat minyak bumi, tetapi yang paling sering kita gunakan adalah sebagai bahan bakar kendaraan. Misalnya solar, bensin, dan minyak tanah.

Selain sebagai bahan bahan kendaraan, minyak bumi juga berperan sebagai bahan di bidang konstruksi. Misalnya digunakan untuk membuat cat, pipa, aspal, atap, dan lainnya. Selain itu, minyak bumi juga digunakan sebagai bahan pembuatan perlengkapan rumah tangga, bahan campuran keperluan medis, dan juga beberapa produk kecantikan. 

Baca juga:  Sejarah Sumpah Pemuda yang Harus Kamu Tahu

Nah, itulah penjelasan singkat tentang bagaimana proses pembentukan minyak bumi. Semoga bisa menambah wawasan kamu lebih dalam tentang minyak bumi.

Sumber:

https://www.merdeka.com/jateng/10-manfaat-minyak-bumi-bagi-kehidupan-sebagai-bahan-bakar-hingga-produk-kecantikan-kln.html

https://money.kompas.com/read/2022/01/10/113000226/10-manfaat-minyak-bumi-bagi-kehidupan-manusia-apa-saja?page=all

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-6022874/proses-pembentukan-minyak-bumi-komposisi-dan-manfaatnya#