Bagaimana Proses Pematangan Buah Durian, Ini Jawabannya!

Sumber: health.kompas.com

OMTELOLET – Seperti yang telah banyak diketahui, buah matang merupakan salah satu makanan penghasil sumber vitamin dan mineral yang sangat bermanfaat bagi kesehatan, tak terkecuali buah durian. Proses pematangan buah durian termasuk ke dalam pematangan kelompok buah klimaterik.

Apa itu buah klimaterik? Nah, sebagai informasi, dalam ilmu sains sendiri terdapat istilah buah klimaterik dan non klimaterik. Lantas, apa perbedaannya dan apa pengaruhnya terhadap proses pematangan buah. Uraian kali ini akan menjelaskan mengenai proses pematangan buah klimaterik tersebut.

Apa Itu Buah Klimaterik?

Jadi, durian merupakan salah satu contoh buah klimaterik yang sering kita jumpai dan menjadi favorit banyak masyarakat. Secara umum, buah klimaterik adalah buah yang mudah mengalami pembusukan. Artinya, proses pematangan terjadi secara terus menerus hingga pembusukan.

Baca juga:  Daftar Cabang Baru Brain Academy Ruangguru

Mengapa buah klimaterik mengalami proses pembusukan yang cenderung lebih cepat? Jadi, buah klimaterik merupakan buah yang memasuki fase klimaterik setelah panen. Artinya, buah ini akan terus mengalami proses pematangan setelah dipanen.

Hal itu terjadi karena buah klimaterik, termasuk durian, menghasilkan banyak gas etilen. Di mana gas etilen tersebut bertugas untuk membantu proses pematangan buah. Oleh karena itu, buah klimaterik yang dipanen sebelum matang pun akan tetap mengalami pematangan alami.

Bagaimana Proses Pematangan Buah Durian

Buah durian termasuk ke dalam kelompok buah klimaterik. Hal itu berarti buah durian merupakan salah satu buah yang mengalami proses pembusukan secara lebih cepat. Bahkan, buah durian yang dipetik sebelum matang atau masa panen, akan tetap mengalami pematangan secara alami.

Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Majemuk? Ini Penjelasannya!

Hal tersebut dikarenakan buah durian memproduksi gas etilen secara terus menerus meskipun telah dipetik dari pohonnya. Nah, gas etilen tersebut yang membantu proses pematangan terjadi. Bahkan, setelah dipanen, respirasi dan produksi gas etilen mengalami lonjakan.

Sehingga, perlu waspada ketika membeli buah durian. Sebab, buah durian tidak bisa disimpan dalam waktu yang lebih lama, karena akan mengalami pembusukan yang cenderung lebih cepat. Sehingga, sebaiknya ketika membeli buah durian, segera untuk disantap.

Selain buah durian, buah yang termasuk ke dalam kelompok buah klimaterik adalah mangga, apel, papaya, kiwi, tomat, pir, pisang, alpukat, nangka, dan sebagainya.

Simpulan

Jadi, proses pematangan buah durian termasuk ke dalam proses pematangan buah klimaterik. Di mana ia akan mengalami lonjakan respirasi dan reproduksi yang menyebabkan pembusukan. Semoga uraian ini bisa membantu menjawab pertanyaan kamu.