Bagaimana Proses Masuknya Jepang Ke Indonesia?

Sumber foto dari gurupendidikan.co.id

Setelah 350 tahun Belanda menjajah, mereka harus tersingkir saat kedatangan Jepang di Indonesia. Melalui perjanjian Kalijati pada 8 Maret 1942, Jepang secara resmi mengambil alih Hindia Belanda atau Indonesia sebagai sebagai negara jajahan dari Belanda.

Kedatangan Jepang ke Indonesia dimulai dari keinginannya untuk mendirikan Kawasan Kemakmuran Bersama Asia Timur Raya. Jepang memiliki tujuan untuk menaklukkan kawasan Asia Pasifik.

Proses masuknya Jepang ke Indonesia

Sebenarnya, sebelum Jepang benar-benar menjajah Indonesia, mereka telah beberapa kali menapakkan kaki di negeri kita ini. Tujuannya adalah ekspansi politik dan militer Jepang di kawasan Asia-Pasifik. Makanya Jepang berkeliling untuk mencari wilayah yang bisa diambil alih.

Hingga pada tahun 1941, terjadi kekosongan kekuasaan di Vietnam, sehingga Jepang mulai mengambil alih negara tersebut. Pada mulanya, Vietnam diduduki oleh Perancis, namun karena ada masalah Nazi, akhirnya mereka harus mengungsi ke Inggris.

Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Ajakan?

Namun, karena tindakan Jepang yang ingin memperluas wilayah ini ditentang oleh Amerika serikat, terjadilah keributan diantara keduanya yang berakhir pada larangan pemberian akses minyak kepada Jepang. Hal inilah membuat Jepang memutar otak untuk mencari wilayah yang kira-kira bisa menyuplai bahan bakar minyak yang mereka butuhkan. Salah satu yang menjadi opsi saat itu adalah Indonesia yang sedang dikuasai oleh Sekutu.

Hingga akhirnya, pada tanggal 11 Januari 1942 Jepang datang ke Indonesia tepatnya di Tarakan. Dari sanalah kemudian satu persatu wilayah Indonesia mulai dikuasai oleh Jepang.

Sambutan Rakyat Indonesia Atas Kedatangan Jepang

Sejak kedatangan Jepang di Indonesia, mereka terus memperluas wilayahnya hingga sekutu yang menjajah Indonesia saat itu mulai tersudutkan. Lalu pada Maret 1942, Jepang mengadakan perundingan dengan Sekutu yang menjajah Indonesia (Belanda) dan memberikan ultimatum untuk menyerah tanpa syarat kepada Jepang.

Baca juga:  Inilah 7 Ide Bisnis Digital dengan Penghasilan Cepat Tanpa Batas, Milenial Wajib Coba!

Kedatangan Jepang mulanya disambut baik oleh rakyat Indonesia sebab Jepang dianggap berhasil mengusir Belanda yang saat itu menjajah negeri. Sikap Jepang yang menunjukkan simpati kepada rakyat Indonesia juga turut menjadi alasan disambutnya mereka dengan baik.

Hingga akhirnya alasan sebenarnya kehadiran Jepang diketahui oleh rakyat Indonesia. Pertama, karena mereka butuh minyak bumi. Kedua, mereka ingin berjualan dan mengembangkan industri mereka. Ketiga, mereka ingin memperluas wilayah kekuasaan dan juga mematangkan persiapan untuk peperangan yang akan datang. Ditambah lagi sikapnya yang mulai semena-mena, kekerasan, pekerjaan paksa membuat rakyat Indonesia membenci mereka.

Nah, itulah pembahasan tentang bagaimana proses masuknya Jepang ke Indonesia. Informasi seperti ini bisa menambah wawasan kita menjadi lebih luas lagi tentang sejarah yang berkaitan dengan Indonesia.

Baca juga:  Ruangguru Privat Vs Superprof, Cek Review Disini!

Sumber:

https://www.detik.com/edu/detikpedia/d-5857818/awal-kedatangan-jepang-ke-indonesia-mengapa-rakyat-sempat-menyambut-gembira

https://kids.grid.id/read/472714378/latar-belakang-dan-sejarah-pertama-kali-kedatangan-jepang-ke-wilayah-nusantara?