Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Proto Melayu ke Indonesia

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Berbagai suku dan ras yang ada di Indonesia hingga saat ini tak bisa dilepaskan dari imigran-imigran bangsa lain. Selain bangsa Vedda, terdapat pula bansa Proto Melayu yang juga turut menyumbangkan sebagian ras yang ada di Nusantara. Lantas, bagaimana proses kedatangan bangsa Proto Melayu ke Indonesia?

Tentu cara dan motiv datangnya bangsa imigran ke kepulauan Indonesia ini berbeda-beda, tak terkecuali bangsa Proto Melayu ini. Mengenai bagaimana proses datangnya bangsa Proto Melayu di Indonesia ini akan dibahas untuk menjawab persoalan tersebut.

Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Proto Melayu ke Indonesia?

Dilansir dari buku paket elektronik Ilmu Pengetahuan Sosial kelas VIII, Semester 1 Kurikulum 2013 revisi 2017, setidaknya proses kedatangan bangsa Proto Melayu ini terbagi ke dalam dua jalur, yakni dari daerah Yunani di China Selatan, dan dari kepulauan Ryukyu Jepang.

Baca juga:  Kejurnas Skolastik & Literasi Ruangguru, Yuk Ikutan dan Menangkan Total Hadiah Puluhan Juta Rupiah!

Kedatangan pertama bangsa Proto Melayu ini berasal dari Yunani di China Selatan. Perjalanan tersebut melalui jalur Barat di wilayah Indo-China yang kemudian berlanjut ke daerah Semenanjung Malaya. Di mana  kemudian masuk melalui pulau Sumatera dan menyebar ke kepulauan Nusantara.

Sementara itu, kedatangan kedua melalui jalur timur yang dimulai dari kepulauan Ryukyu di Negara Jepang. Jadi, jalur perjalanan tersebut akan melewati Fillipina sampai ke kepulauan Sangir yang kemudian masuk ke pulau Sulawesi.

Persebaran Bangsa Proto Melayu

Meski pada akhirnya mereka juga menyebar ke sleuruh kepulauan Nusantara. Persebaran bangsa Proto Melayu di Indonesia kemudian mendesak keberadaan penduduk asli. Adapun bangsa Proo Melayu yang masih tersisa di Indonesia hingga saat ini bisa dilihat dalam beberapa suku yang ada.

Baca juga:  Keren! Inilah Fitur Adapto Ruangguru yang Jadi Video Belajar Adaptif Nomor 1 di Indonesia

Di antaranya adalah Suku Sasak, Toraja, Dayak, dan Nias. Suku-suku yang merupakan keturunan dari bansa Proto Melayu memiliki cii fisik seperti rambut yang lurus, kulit kuning kecokelatan, dan bermata sipit.

Nah, di Indonesia ciri-ciri tersebut masih banyak kita jumpai pada penduduk Indonesia saat ini. Demikian pembahasan mengenai proses kedatangan bangsa Proto Melayu ke Indonesia yang bisa kamu ketahui, semoga uraian ini bisa membantu kamu menjawab pertanyaan tersebut.