Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Deutro Melayu ke Indonesia

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Dari berbagai kajian sejarah, diketahui bahwasanya nenek moyang bangsa Indonesia ini berasal dari Yunani, China Selatan. Dengan berbagai macam tujuan dan motiv mereka akhirnya berimigran ke berbagai wilayah Indonesia. Bagaimana Proses kedatangan Bangsa Deutro Melayu ke Indonesia?

Pada mulanya, mereka bergerak kea rah selatan hingga memasuki Vietnam, sehingga terus melanjutkan petualangannya hingga mencapai ke berbagai kepulauan Indonesia. Namun, nenek moyang bangsa Indonesia yang menurunkan paling banyak generasi adalah bangsa Melayu.

Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Deutro Melayu ke Indonesia?

Proses kedatangan bangsa Melayu ini sebenarnya terbagi ke dalam dua gelombang. Di mana proses kedatangan pertama yang telah terbagi ke dalam dua jalur itu disebut sebagai Proto Melayu (Melayu Tua). Sementara itu, proses kedatangan kedua bangsa Melayu ini disebut Deutro Melayu (Melayu Muda).

Baca juga:  Yuk, Pahami Dulu Cara Melihat Pengumuman SNMPTN!

Kedatangan kedua atau Deutro Melayu ini kemudian mendesak bangsa Proto Melayu hingga berjalan ke arah timur. Kedatangan Deutro Melayu ini sendiri dimulai pada sekitar 500 SM. Deutro Melayu adalah ras yang datang dari Indocina bagian utara.

Mereka masuk ke Indonesia melalui jalur barat, yakni melalui Semenanjung Melayu dan terus ke Sumatera dan kemudian tersebar ke berbagai wilayah yang lainnya. Kedatangan mereka pun disertain dengan kebudayaan logam yang berasal dari Dongson (Vietnam Utara).

Oleh karena itulah, kebudayaan bangsa Deutro Melayu dikatakan lebih maju ketimbang bangsa Proto Melayu. Umunya, mereka hidup secara berkelompok. Kedatangan mereka ini berhasil menggeser bangsa Proto Melayu ke pedalaman.

Baca juga:  Proses Terjadinya Gunung Berapi, Ini Penjelasannya

Keturunan Deutro Melayu sendiri dapat ditemui pada masyarakat Jawa, Minang, Bali, dan Bugis.

Persebaran Bangsa Deutro Melayu

Deutro Melayu merupakan suku bangsa yang berasal dari IndoCina utara. Bangsa Deutro Melayu ini kemudian menyebar hampir ke seluruh wilayah Nusantara. Pada akhirnya, diperkiraan sebagian besar penduduk Indonesia saat ini merupakan keturunan bangsa Deutro Melayu.

Nah, dengan uraian ini kamu diharapkan sudah mengetahui bagian dari nenek moyang bangsa Indonesia memang berasal dari bangsa Melayu. Di mana kedatangannya sendiri terbagi ke dalam dua gelombang dan beberapa jalur perjalanan.

Semoga uraian ini bisa membantu kamu menjawab persoalan mengenai proses kedatangan bangsa Deutro Melayu ke Indonesia.