Bagaimana Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan? Begini Penjelasannya

Bagaimana Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Bagaimana Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan? mungkin saja, kamu perlu sedikit waktu untuk menjelaskannya. Pembahasan tentang air tanah dan air permukaan sudah ada dalam materi pelajaran kelas 5 SD. Yakni pada materi di Tema 8 tentang Siklus Air dan Bencana Kekeringan.

Terlepas dari konteks materinya yang diperuntukkan dalam pelajaran di kelas 5 SD, kita tetap perlu untuk memahami perbedaannya. Bahwa, antara air tanah dan air permukaan memiliki perbedaan yang jelas, disamping fakta bahwa 72% permukaa Bumi tertutup Air.

Pengertian Air Tanah dan Air Permukaan

Air tanah merupakan sumber air yang letak keberadaannya memang berada didalam permukaan tanah. Keberadaan air tanah tidak terpusat pada satu titik kedalaman saja, karena kedalaman tanah juga memiliki berbagai lapisan yang berbeda-beda.

Baca juga:  Apa itu Jurusan Bisnis Kuliner? Berikut Info Kuliah dan Prospek Kerjanya

Lain halnya dengan air permukaan, kita dapat dengan memahaminya dengan mudah, yakni sebagai sekumpulan air yang berada diatas permukaan tanah. Air yang berada di permukaan tidak hanya diam, namun juga bisa bergerak dan juga mengalir ke tempat yang lebih rendah.

Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan

Perbedaan antara air tanah dan air permukaan dapat dibedakan melalui beberap hal berikut ini ;

Bagaimana Perbedaan Air Tanah dengan Air Permukaan
sumber gambar : unsplash.com

Perbedaan Berdasarkan Letaknya

Cara mudah dalam membedakan antara air tanah dengan air permukaan dapat diketahui hanya dengan berdasarkan letaknya. Berdasarkan bagaimana masing-masing pengertian antara air tanah dengan air permukaan.

Air Tanah merupakan sumber air yang letaknya berada didalam tanah, tepatnya pada setiap lapisan tanah hampir pasti ditemukan air. Artinya keberadaan air tanah tidak hanya berada pada satu titik kedalaman tanah saja.

Baca juga:  Proses Gerhana Bulan Total, Begini Penjelasannya

Lain halnya dengan air permukaan yang wujud genangannya dapat dilihat berada diatas permukaan tanah. Baik dalam posisi tidak bergerak, maupun sedang dalam posisi bergerak ke permukaan tanah yang lebih rendah.

Perbedaan Berdasarkan Cara Mengambilnya

Perbedaan berikutnya antara air tanah dan air permukaan dapat diketahui dari bagaimana cara orang dalam mengambilnya. Air tanah bisa diambil dengan cara menggali sumur dan juga dengan menggunakan pompa air. Sedangkan air permukaan relatif lebih mudah untuk diambil tanpa harus menggunakan pompa air maupun menggali sumur.

Perbedaan Berdasarkan Kebersihan Airnya

Cara membedakan berikutnya yakni dengan menilai dari aspek kebersihan airnya. Air Tanah yang bersumber dari berbagai lapisan tanah memiliki tingkat kebersihan yang tinggi. Pasalnya air tanah telah tersaring oleh beberapa lapisan tanah sebelum mengendap. Lain halnya dengan air permukaan yang tingkat kebersihannya terbilang sangat rendah, pasalnya, air permukaan rentan terkena debu maupun kotoran lainnya.

Baca juga:  Yuk Cek Sertifikat yang Bisa Dilampirkan di SNMPTN!

Perbedaan Berdasarkan Kandungan Mineralnya

Tingkat pelarutan air didalam tanah jauh lebih besar, sehingga kandungan mineral dalam air tanah juga lebih tinggi. Berbanding terbalik dengan air permukaan, dimana tingkat mineralnya yang sangat rendah bila dibandingkan dengan mineral pada air tanah.

 

sumber referensi : https://bobo.grid.id/read/082576102/cari-jawaban-soal-kelas-5-tema-8-subtema-2-apa-perbedaan-air-tanah-dengan-air-permukaan?page=all