Bagaimana Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara di Masa Awal Kemerdekaan?

Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara di Masa Awal Kemerdekaan
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara di awal masa kemerdekaan? kamu pun mungkin belum tentu memahaminya. Padahal, sejatinya sejak awal masa kemerdekaan, pancasila memang sudah ditetapkan menjadi dasar dalam bernegara.

Sebagai dasar negara, tentu ada banyak sekali nilai-nilai serta pedoman hidup yang mencerminkan ciri khas bangsa Indonesia. Serangkaian nilai dan pedoman hidup itu akan hidup bilamana direalisasikan dengan bentuk penerapan dalam kehidupan sehari-hari.

Namun, setiap babakan masa selalu menghadirkan situasi yang berbeda-beda, begitupun dalam hal penerapan pancasila sebagai dasar negara. Khususnya yang akan dibahas pada kesempatan kali ini adalah, bagaimana penerapan pancasila sebagai dasar negara di masa awal kemerdekaan.

Baca juga:  Review Program SD Online Alta School, Jaminan Pendidikan Berkualitas

Lalu seperti apa sih penerapannya disaat itu?

Penerapan Pancasila di Masa Awal Kemerdekaan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap babakan perjalanan suatu bangsa selalu hadir dengan situasi dan kondisi yang berbeda-beda. Termasuk situasi bangsa Indonesia yang banyak dipenuhi dengan situasi konflik dan pemberontakan di masa awal kemerdekaan.

Ada beberapa kasus pemberontakan yang menghiasi upaya bangsa Indonesia dalam menjaga persatuan dan kesatuan bangsa di masa kemerdekaan. Hal itu jelas bertentangan dengan semangat untuk menerapkan nilai-nilai pancasila sebagai dasar negara di awal masa kemerdekaan.

Baca juga:  Review Program Sprinter English Academy
Penerapan Pancasila Sebagai Dasar Negara di Masa Awal Kemerdekaan
sumber gambar ; unsplash.com

Pemberontakan Partai Komunis Indonesia (PKI)

Masa awal kemerdekaan Indonesia pernah diwarnai oleh pemberontakan yang dilakukan oleh Partai Komunis Indonesia (PKI) pada tahun 1948. Berlokasi di Madiun, PKI kala itu hendak mencoba menggulingkan pemerintahan yang sah saat itu, serta mengubah Ideologi negara. Hal itu jelas mencederai semangat dalam upaya penerapan pancasila sebagai dasar negara Indonesia dalam kehidupan sehari-hari.

Pemberontakan Darul Islam

Upaya penerapan Pancasila sebagai dasar negara Indonesia di masa awal kemerdekaan juga pernah dihadang oleh Darul Islam pada tahun 1949. Pemberontakan yang dilakukan oleh Tentara Islam Indonesia ini dilakukan dengan tujuan untuk mendirikan negara Islam di Indonesia. Gerakan politik tersebut jelas saja bertentangan dengan tujuan pancasila sebagai dasar negara republik Indonesia.

Baca juga:  Tujuan Mengikuti Pelatihan Apa? Nggak Cuma Upgrade Skill Saja Kok

Pemberontakan Republik Maluku Selatan

25 April 1950, Indonesia pernah dikejutkan oleh pemberontakan Republik Maluku Selatan yang ingin membebaskan dan memisahkan diri dari Indonesia. Pemberontakan yang berkedok gerakan politik ini dipimpin oleh mantan Jaksa Agung Negara Indonesia Timur (NIT) bernama Soumokil. Gerakan politik di awal masa kemerdekaan tersebut jelas sangat bertentangan dengan peneapan nilai pancasila sebagai dasar negara.

sumber referensi ; https://bobo.grid.id/read/082887595/penerapan-pancasila-dari-masa-ke-masa-mulai-dari-awal-kemerdekaan-hingga-sekarang?page=all