Bagaimana Kondisi Rakyat yang Mengalami Penjajahan? Ungkap Disini

Kondisi Rakyat Indonesia yang Mengalami Penjajahan
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Bagaimana kondisi rakyat yang mengalami penjajahan? pertanyaan semacam itu sangat relevan untuk dibahas di bulan Agustus seperti saat ini. Ya, kita memang peru mereflesikan kembali perjuangan bagaimana perjuangan rakyat Indonesia saat menghadapi masa penjajahan bangsa asing.

Seperti yang sudah kita pelajari dalam pelajaran Sejarah, bahwa ada banyak sekali bangsa asing yang pernah datang dan menjajah Indonesia. Mulai dari Belanda yang menjajah selama 3,5 abad, lalu kemudian Jepang yang menjajah selama 3,5 tahun. Bahkan, sepanjang masa penjajahan Belanda, terdapat beberapa bangsa lain yang datang untuk menjajah, yakni Portugis, Inggris dan juga Spanyol.

Sepanjang masa penjajahan itu pula, rakyat Indonesia mengalami berbagai situasi yang bermacam-macam disetiap masa penjajahan. Secara garis besar, masa penjajahan membawa pada kondisi yang jauh dari kata menyenangkan. Sehingga, kita perlu meningatnya kembali sebagai hikmah dan pelecut semangat agar kita bisa menghargai dan mengisi masa kemerdekaan dengan banyak hal positif.

Kondisi Rakyat yang Mengalami Penjajahan

Secara garis besar, kondisi rakyat yang mengalami penjajahan oleh bangsa asing itu sangat sulit serta menyedihkan. Kondisi kehidupan rayat sangat jauh dari keadilan, sangat jauh dari kemananan serta sangat jauh dari perdamaian. Kehidupan yang dijalani penuh dengan pertikaian, penuh dengan penindasan hingga perang untuk mengusir para bangsa penjajah.

Baca juga:  Hasil Review Ruangbelajar Ruangguru, Bisa Memacu Minat Belajar Anak

Hasil Produksi Pertanian Direbut Paksa

Belanda memonopoli kegiatan pertanian yang dikelola oleh rakyat Indonesia, mulai dari mengatur apa saja tanaman yang wajib ditanam. Serta, Belanda memonopoli harga produksi pertanian di pasaran, Belanda memekan harga serendah mungkin dan menjualnya kembali ke bangsa asing dengan mahal. Bahkan, bila perlu, Belanda juga akan memaksa untuk merebut paksa hasil pertanian yang sudah diproduksi oleh rakyat.

Kondisi Rakyat Indonesia yang Mengalami Penjajahan
sumber gambar : unsplash.com

Kerja Paksa, Kondisi Rakyat di Masa Penjajahan

Selama masa penjajahan Jepang, rakyat Indonesia dipaksa untuk melakukan kerja paksa dengan membangun berbagai Infrastruktur. Kerja paksa tersebut terbilang sangat keras dan berat hingga menyebabkan banyak sekali rakyat yang jatuh sakit, bahkan hingga meninggal.

Baca juga:  Inilah 8 Cara Menghindari Hoax Beserta Langkah Melaporkannya

Perampokan Paksa

Kondisi rakyat Indonesia selama masa penjajahan Jepang juga terbilang sangatlah serba kekurangan. Pasalnya, Jepang juga merampok segala bahan makanan dan pakaian milik rakyat untuk menyokong segala bentuk kegiatan militernya.

Perbudakan Paksa Perempuan

Kondisi rakyat Indonesia selama masa penjajahan juga terbilang sangat memprihatinkan, terutama perempuan. Pasalnya, setiap perempuan Indonesia saat itu menjadi target sasaran para prajurit Jepang untuk dijadikan sebagai “wanita penghibur”.

 

sumber referensi : https://www.elmu.web.id/bagaimana-kondisi-rakyat-yang-mengalami-penjajahan/