Bagaimana Kondisi Rakyat pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda?

bagaimana kondisi rakyat pada masa pemerintahan kolonial
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Bagaimana kondisi rakyat pada masa pemerintaan kolonial belanda? sebagian dari kamu mungkin sudah mengetahuinya. Ya, pelajaran Sejarah tentang Bab masa penjajahan Belanda di Indonesia sudah banyak memberikan wawasan kita tentang sejarah tersebut.

Namun, tidak ada buruknya juga bila kita kembali membahasnya, sekedar mengingatkan kembali dan merefleksikan diri di kehidupan masa kini. Ya, sebagai generasi yang terlahir selepas masa kemerdekaan, tentu sudah menjadi tugas kita agar tidak melupakan sejarah tersebut.

Mengingat sejarah bagaimana kondisi rakyat Indonesia pada masa pemerintahan kolonial Belanda memang begitu memprihatinkan. Sehingga, kita sebagai generasi penerus bangsa memiliki tugas dan kewajiban agar perjalanan bangsa Indonesia tidak kembali terjerumus pada masa kelam.

Kondisi Rakyat pada Masa Pemerintahan Kolonial

Sudah jelas, bahwa kondisi yang dialami dan dilalui rakyat Indonesia pada masa pemerintahan Kolonial Belanda sangatlah memprihatinkan. Bagaimana hampir disegala bidang kehidupan sangat lekat dengan penindasan, jauh dari kata keadilan dan kenyamanan.

Baca juga:  Kerajaan Tarumanegara Didirikan oleh Siapa? Cek Jawabannya Disini

Penderitaan yang berlangsung selama kurang lebih 3,5 Abad itu benar-benar menunjukkan adanya ketimpangan sosial. Bagaimana pemerintahan Kolonial Belanda menjadi bergelimang harta beserta mudah mengeruk kekayaan, sedangkan rakyat Indonesia hidup ala kadarnya.

Lalu, seperti apakah gambaran detail kondisi rakyat Indonesia di masa pemerintahan kolonial?

Monopoli di Masa Pemerintahan Kolonial Belanda

Sistem monopoli yang dilakukan Belanda benar-benar merusak tanan sistem Ekonomi yang ada pada saat itu. Pemerintah Kolonial memaksa rakyat Indonesia untuk menjual segala hasil pertanian kepada pihak pemerintah Kolonial dengan harga murah. Sistem monopoli itu membuat rakyat jadi merugi dan akhirnya membuat kegiatan perekonomiannya menjadi terganggu.

bagaimana kondisi rakyat pada masa pemerintahan kolonial
sumber gambar : unsplash.com

Kerja Rodi di Masa Pemerintahan Kolonial

Selain sistem monopoli, rakyat juga harus menjalani kerja rodi, salah satunya yakni membangun jalan raya dari Anyer hingga Panarukan. Kerja Paksa tersebut merenggut nyawa sekitar 300.000 jiwa rakyat Indonesia.

Baca juga:  Review Program SD Online Alta School, Jaminan Pendidikan Berkualitas

Tanam Paksa di Masa Pemerintahan Kolonial

Rakyat diwajibkan untuk menanam tanaman yang ditentukan oleh pemerintah kolonial agar bisa dibeli dengan harga rendah. Kemudian, hasil tanam tersebut dijual kembali dengan mahal kepada tengkulak asing.

Perbudakan di Masa Pemerintahan Kolonial

Perbudakan manusia juga dilakukan oleh pemerintah Kolonial Belanda bisa memutar bisnis perkebunan yang dikelola oleh pemerintah Kolonial.

Ketimpangan sosial menjadi hal yang tampak sekali dalam masa pemeritahan Belanda, dimana rakyat Indonesia tidak mendapatkan banyak fasilitas hidup yang layak. Disamping itu, pemerintah Kolonial Belanda juga menghalalkan jalan kekerasan dalam menegakkan monopoli aturan yang diterapkan kepada rakyat Indonesia.

Begitulah Kondisi Rakyat pada Masa Pemerintahan Kolonial Belanda.

Baca juga:  5 Cara Menghindari Plagiarisme Paling Ampuh, Coba Sekarang!

sumber referensi : https://roboguru.ruangguru.com/question/bagaimana-keadaan-rakyat-indonesia-pada-masa-pemerintahan-kolonial-belanda-_QU-42W2SEO1