Bagaimana Keterkaitan Hak Asasi Manusia dengan Kewajibannya?

Keterkaitan Hak Asasi Manusia dengan Kewajibannya
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Bagaimanakah keterkaitan hak asasi manusia dengan kewajibannya? kamu pun pasti akan berfikir untuk menjawabnya. Ya, bila sudah membicarakan tentang hak asasi manusia, tentu bukanlah perkara yang mudah. Begitupun juga bila kita membenturkannya dengan kewaiban yang melekat pada manusia, pembahasannya bisa jadi semakin relatif.

Maka, setidaknya kamu perlu membaca ulasan di artikel ini yang akan mengulas tentang keterkaitan antara hak asasi manusia terhadap kewajiban manusia. Melalui pembahasan artikel ini, kamu akan mendapatkan pandangan baru tentang keterkaitan hak asasi manusia dengan kewajibannya.

Namun sebelum itu, kamu perlu memahami terlebih dahulu seperti apa posisi hak asasi manusia pada setiap individu manusia.

Baca juga:  Begini, Cara Mudah Mengenali Perbedaan Saintek dan Soshum

Pengertian Hak Asasi Manusia

Berdasarkan Undang-Undang nomor 39 tahun 1999, Hak Asasi Manusia (HAM) merupakan seperangkat hak yang sudah melekat pada diri setiap manusia sejak dilahirkan. HAM merupakan anugerah pemberian tuhan kepada manusia sebagai pengingat bahwa manusia merupakan mahluk ciptaan tuhan.

Sehingga, sudah tentu wajib sekali bagi setiap manusia untuk saling menjaga dan menghormati posisi Hak Asasi Manusia dalam kehidupan sosial. Termasuk di Indonesia, Hak Asasi Manusia dari setiap warga negaranya pun juga wajib dilindungi dan dijaga oleh negara melalui para pemangku kebijakannya.

 Keterkaitan Hak Asasi Manusia dengan Kewajibannya
sumber gambar ; unsplash.com

Hak Asasi Manusia (HAM) akan selalu dijunjung dalam berbagai sendi kehidupan masyarakat, termasuk di Indonesia. Sehingga, kita bisa mengetahui banyak Hak Asasi Manusia, seperti Hak Politik, Hak Sosial, Hak Budaya, serta Hak Sipil.

Baca juga:  Apa Itu Kalimat Kompleks? Temukan Jawaban Lengkapnya Disini

Pengertian Kewajiban Asasi Manusia

Tak jauh berbeda dengan Hak Asasi Manusia, manusia yang dilahirkan ke dunia, ketika dewasa, maka ia akan memilki kewajiban saat dewasa. Sebagai mahluk sosial, Manusia dengan sendirinya akan dikenakan oleh berbagai kewajiban yang harus dilaksanakan.

Artimya, kewajiban dapat dipahami sebagai suatu hal yang bersifat wajib untuk dilakukan manusia sebagai bagian dari mahluk sosial. Manusia yang tumbuh dan besar dalam lingkungan sosial, maka wajib untuk memahami arti dari kewajiban yang memang seharusnya ditunaikan. Bila seorang manusia tidak menunaikan kewajbannya, maka tentu akan mendapatkan sanksi sosial dari lingkungan sekitarnya.

Keterkaitan Hak Asasi Manusia dengan Kewajibannya

Berdasarkan masing-masing pengertiannnya, antara hak asasi manusia dan kewajiban manusia, maka kita sudah bisa mendapatkan kesimpulan. Bahwa, keterkaitan antara hak asasi manusia dan kewajiban adalah saling melengkapi dan juga saling berhubungan satu sama lain.

Baca juga:  Bagaimana Urutan Proses Sintesis Protein? Ini Jawabannya

Sebagai mahluk sosial, manusia akan mendapatkan hak asasinya dengan baik bilamana mampu menunaikan kewajibannya dengan baik. Sebaliknya, bila kewajibannya tak ditunaikan dengan baik, maka seluruh hak asasinya sebagai mahluk sosial juga akan terganggu.

 

sumber referensi : https://parboaboa.com/bagaimana-keterkaitan-antara-hak-asasi-manusia-dengan-kewajiban-asasi-manusia-di-indonesia