Bagaimana Cara Tumbuhan Bakau Beradaptasi dengan Lingkungan?

Sumber: kumparan

OMTELOLET – Tumbuhan bakau seringkali disebut sebagai tumbuhan yang dapat mencegah terjadinya erosi. Lantas, bagaimana sebenarnya cara tumbuhan bakau beradaptasi dengan lingkungan? Hal ini sering menjadi pertanyaan ketika sedang belajar Ilmu Pengetahuan Alam.

Jadi, tumbuhan bakau sebenarnya beradaptasi dengan cara morfologi, karena memiliki akar napas dan akar tunjang. Nah, untuk mengetahui selengkapnya, perhatikan uraian berikut ini. Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai cara tumbuhan bakau beradaptasi.

Begini Cara Tumbuhan Bakau Beradaptasi dengan Lingkungan

Adaptasi merupakan upaya penyesuaian diri dengan lingkungan. Bisa dibilang adaptasi berarti merespons perubahan pada lingkungan agar dapat bertahan hidup. Adaptasi sendiri dibagi menjadi tiga jenis, yaitu adaptasi morfologi, adaptasi fisiologi, dan adaptasi tingkah laku.

Baca juga:  Apa saja Ciri-ciri Kalimat Efektif? Pahami Penjelasannya Disini

Secara singkat jenis-jenis adaptasi tersebut akan dijelaskan berikut ini.

  • Adaptasi morfologi merupakan penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungan, caranya adalah dengan mengubah bentuk pada bagian-bagian tubuhnya. Contoh adaptasi morfologi pada tumbuhan adalah bakau.
  • Adaptasi Fisiologis, yakni penyesuaian fungsi organ tubuh bagian dalam pada makhluk hidup agar dapat bertahan hidup dengan lingkungannya. Contoh adaptasi fisiologis terjadi pada manusia yang berkeringat ketika berada pada suhu yang panas.
  • Adaptasi tingkah laku adapah bentuk perubahan tingkah laku untuk menyesuaikan diri terhadap lingkungan untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya. Contoh adaptasi tingkah laku terjadi pada bunglon.

Adaptasi Morfologi pada Tumbuhan Bakau

Sekali lagi, adaptasi morfologi merupakan bentuk penyesuaian makhluk hidup terhadap lingkungannya dengan cara mengubah bentuk atau bagian-bagian pada tubuhnya.

Baca juga:  Mengapa Manusia Disebut Makhluk Sosial?

Tumbuhan bakau sendiri beradaptasi dengan jenis adaptasi yang satu ini. Adaptasi morfologi pada tumbuhan bakau terjadi melalui akar napas dan akar tumjang yang dimiliki. Akar napas berfungsi untuk mengambil oksigen bebas di udara (membantu pernapasan atau respirasi tumbuhan).

Sementara itu, akar tunjang berfungsi untuk menopang bakau agar tidak mudah roboh akibat arus air laut. Oleh karena itulah, tumbuhan bakau memang seringkali digunakan sebagai tumbuhan yang dapat menahan erosi air laut ketika pasang.

Nah, demikian uraian mengenai cara tumbuhan bakau beradaptasi dengan lingkungan yang harus kamu ketahui. Semoga uraian ini bisa membantu kamu dalam menjawab persoalan tersebut. Dengan begitu, kamu pun dapat mengetahui bagaimana cara tumbuhan bakau bisa menahan erosi.