Bagaimana Cara Publish Jurnal?

Foto oleh Jessica Lewis Creative dari Pexels

Setelah melakukan dan menyusun penelitian dalam bentuk jurnal, biasanya langkah selanjutnya adalah melakukan publish jurnal tersebut. Hal ini sering dilakukan oleh para akademisi (mahasiswa) utamanya di akhir masa studinya, dosen dan juga peneliti. Namun, tak jarang yang masih bingung bagaimana cara publish jurnal tersebut agar dapat dibaca dan dijadikan salah satu referensi oleh khalayak umum. 

Dalam melakukan publish jurnal biasanya dapat dilakukan dengan dua cara, yaitu pada jurnal nasional dan pada jurnal internasional. 

Bagaimana Cara Publish Jurnal?

Untuk mempublish jurnal, terdapat berbagai cara yang harus dilakukan. Namun, sebelum itu, hal pertama yang harus dilakukan adalah menyiapkan jurnal sebaik mungkin agar jurnal tersebut dapat lolos tahap verifikasi.

Baca juga:  6 Contoh Kalimat Pembuka Ceramah Yang Menarik!

Adapun syarat yang perlu dipenuhi yaitu karya ilmiah yang ingin di publish adalah karya yang original dan bukan plagiat, menggunakan format penulisan yang sesuai dengan tempat publish jurnal, karya harus sejalan dengan tempat publish jurnal, dan topik yang diangkat atau dibahas adalah fenomena terkini. 

Agar karya yang dihasilkan dapat memenuhi seluruh syarat tersebut, maka sebaiknya kamu melakukan plagiarism checker dan proofreading, serta memilih tempat publikasi sesuai bidang keilmuan yang kamu angkat. Ada beberapa cara publish jurnal, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Bergabung Pada Asosiasi Tertentu

Salah satu hal yang bisa kamu lakukan adalah bergabung pada asosiasi tertentu agar kamu bisa lebih mudah mendapatkan informasi terkait penerbitan jurnal. Bergabunglah dengan asosiasi yang sejalan dengan bidang keilmuanmu. 

Baca juga:  Menilik Tentang Bagaimana Proses Fotosintesis

2. Publikasi Jurnal Melalui OJS

Open Journal System (OJS) adalah platform pengelolaan dan penerbitan jurnal ilmiah online. Sebelum mengirim karya ilmiah ke penerbit jurnal, setiap penulis perlu mendaftarkan akun di OJS. 

Pertama kamu perlu melakukan pendaftaran akun di website OJS dengan mengisi seluruh data yang dibutuhkan. Setelah itu memasuki tahap submisi artikel yang meliputi pengunggahan jurnal dan pengisian metadata hingga melalui tahap konfirmasi. Setelah itu akan melalui tahap peninjauan dan penerbitan jurnal. 

3.Mengirim Karya ke Lembaga yang Menerbitkan Jurnal

Cara publish jurnal selanjutnya adalah dengan mengirim karya ke lembaga penerbit jurnal. Jika kamu seorang mahasiswa, biasanya setiap kampus menyiapkan tempat khusus untuk mengirimkan jurnal agar dapat terpublish.  Terdapat berbagai penerbitan jurnal yang dapat kamu pilih, meskipun beberapa memang berbayar, namun tak jarang pula yang menyediakan layanan gratis. 

Baca juga:  Temukan Jawabannya Disini, Apa Itu Kalimat Efektif?

Beberapa portal penerbitan jurnal gratis yang bisa kamu pilih yaitu, Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas), Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Dan Garba Rujukan Digital (Garuda). 

Demikian penjelasan singkat tentang bagaimana cara yang dapat dilakukan agar dapat menerbitkan jurnal ilmiah.