Bagaimana Cara Petani Sayur Memanfaatkan Lingkungan Hidup?

Sumber: republika.co.id

OMTELOLET – Petani sayur merupakan sosok yang memiliki jasa besar terhadap kebutuhan nutrisi kita. Yang patut kita hargai adalah bagaimana cara petani sayur memanfaatkan lingkungan hidup di sekitarnya sehingga menjadi berguna bagi kehidupan, bukan hanya untuknya, melainkan untuk semua orang.

Lantas, bagaimana sebenarnya upaya petani sayur tersebut memanfaatkan lingkungan hidup? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, berikut ini akan dijelaskan beberapa upaya petani sayur dalam memanfaatkan lingkungan hidup di sekitarnya.

Cara Petani Sayur Memanfaatkan Lingkungan Hidup

Melihat upaya petani sayur, maka patut kita hargai bahwa apa yang ia lakukan adalah memanfaatkan lingkungan hidup untuk kebutuhan banyak orang. Adapun beberapa cara yang dilakukan petani dalam memanfaatkan lingkungan sekitarnya adalah sebagai berikut.

  1. Berkebun

Berkebun merupakan salah satu upaya tepat yang dilakukan oleh para petani sayur dalam memanfaatkan lingkungan hidup. Selain itu, petani perlu meningkatkan produktifitas dan berusaha menciptakan bibit-bitbit unggul yang baru demi memenuhi kebutuhan akan sayur mayur.

  1. Irigasi

Aktivitas Bertani atau berkebun tentu tidak dapat dilepaskan dari pemanfaatkan air dari alam untuk menyuburkan tanamannya. Oleh karena itu, petani sayur pun memanfaatkan air yang ada di sekitan lahan pertaniannya untuk mengairi lahan mereka.

Baca juga:  Rumus Kuat Arus Listrik dan Contoh Soal

Dengan begitu, siklus perputaran air pun dapat terus terjaga dengan baik. Hal ini patur kita hargai, tidak hanya sebagai penghasil sayur, tetapi juga penyelamatan ekosistem alam.

  1. Menanam Sayur Organik

Kini, para petani sayur pun telah mencoba menanam sayur organic. Selain penting untuk menjaga kesehatan manusia yang mengonsumsinya, menanam sayuran organic juga baik bagi lingkungan sekitar. Sebab, sayur organic minim pemakaian bahan kimia.

  1. Mengolah Sampah menjadi Pupuk

Hal lain dari petani sayur yang banyak tidak diketahui adalah pengolahan sampah menjadi pupuk. Hal ini merupakan upaya lain yang dilakukan oleh petani sayur dalam memanfaatkan lingkungan hidup di sekitarnya.

Sebab, pupuk kompos ini berguna bagi pertumbuhan saurnya. Pupuk kompos sendiri sangat berguna untuk memperbaiki kondisi fisik tanah dibandingkan dengan menyediakan unsur hara.

Baca juga:  Mengenal Apa itu Peta Konsep? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Selain itu, pupuk kompos juga dinilai memiliki peran untuk menjaga fungsi tanah agar unsur hara dalam tanah mudah dimanfaatkan oleh tanaman. Kompos juga mampu memperbaiki struktur tanah kering sehingga dapat menjaga fungsi tanah.

Dengan begitu, tanaman yang tumbuh pada tanah tersebut akan dapat berkembang lebih baik. Nah, demikian uraian mengenai cara petani sayur memanfaatkan lingkungan hidup.