Bagaimana Cara Merevisi Teks Laporan Percobaan? Ini Tipsnya

Sumber: zenius.net

OMTELOLET – Ketika kita diminta untuk melakukan suatu observasi atau percobaan, tentu tugas berikutnya yang akan membuntuti adalah membuat laporan hasil observasi atau laporan percobaan. Dalam penyusunannya, kesalahan bisa saja terjadi. Lantas, bagaimana cara merevisi teks laporan percobaan?

Kita akan mengetahui apa saja yang perlu direvisi dalam suatu teks laporan ketika hasil laporan tersebut telah disetorkan kepada guru. Oleh karena itu, jangan ragu untuk memberikan susunan laporan kamu kepada guru dan bertanyalah terkait hal yang salah dari laporanmu.

Teks Laporan Hasil Observasi

Teks Laporan Hasil Observasi (LHO) biasa juga disebut sebagai teks laporan percobaan. Teks ini biasanya akan disusun setelah kita melakukan suatu percobaan tertentu. Teks ini biasanya akan memaparkan terkait proses observasi.

Baca juga:  Proses Fertilisasi pada Manusia, Bagini Penjelasannya

Mulai dari bagaimana kita menemukan masalah yang perlu diteliti, tahapan proses penelitiannya, hingga hasil yang kita peroleh dari percobaan tersebut. Adapun teks laporan juga memiliki struktur teks yang harus dipenuhi.

Adapun struktur teks laporan sendiri terdiri dari 3 bagian, yakni judul, klasifikasi umum, serta manfaat atau deskripsi bagian. Ketiga unsur terebut penting untuk Menyusun teks laporan hasil observasi.

Cara Merevisi Teks Laporan Percobaan

Ketika kita diminta untuk merevisi teks laporan percobaan, itu artinya terdapat kesalahan tertentu di dalam teks laporan yang kita susun. Oleh karena itu, teks laporan tersebut memerlukan pembenahan lagi.

Meski begitu, tak banyak siswa yang tahu bagaimana cara merevisi teks laporan percobaan tersebut. Nah, berikut ini adalah tahapan yang bisa kamu lakukan dalam merevisi teks laporan hasil observasi.

  1. Menandai Kata, Kalimat, dan Paragraf yang Salah

Pertama, ketika kamu mendapati revisi dari guru, catatlah bagian-bagian yang perlu direvisi. Baik itu berupa kata, kalimat, maupun paragraph. Dengan begitu, kamu akan mengetahui letak kesalahan teks laporan kamu.

  1. Menulis Ulang Teks Laporan

Setelah mengetahui letak kesalahan dari teks laporan tersebut, kamu bisa memperbaikinya dengan menulis ulang bagian-bagian yang salah tersebut.

  1. Membaca untuk Memahami Isi dari Laporan

Setelah menuliskan kembali teks revisi, jangan biarkan langsung disetorkan, akan tetapi baca ulang teks laporanmu. Pastikan semuanya sudah sesuai dan benar.

  1. Memerbaiki Bagian yang Salah

Ketika mendapati masih ada kesalahan dalam teks tersebut, maka lakukan perbaikan hingga benar. Pada tahap ini pastikan semua isi teks laporan tersebut sudah benar.

Baca juga:  Bagaimana Proses Kedatangan Bangsa Proto Melayu ke Indonesia

Nah, itulah uraian mengenai cara merevisi teks laporan percobaan yang bisa kamu lakukan, semoga bermanfaat!