Bagaimana Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur?

Bagaimana Cara Merawat Tanaman
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Bagaimana cara merawat tanaman agar bisa tumbuh subur dan tampak sehat? cukup mudah kok. Asalkan kamu bisa secara rajin dan tekun melakukan berbagai perawatan pada tanamanmu, dijamin akan tumbuh subur.

Tren berkebun memang sempat booming semenjak pandemi Covid 19 melanda negara Indonesia pada tahun 2020 lalu. Saat itu, orang-orang mulai berfikir agar bagaimana bisa mengisi kegiatan yang seru dan bermanfaat dari rumahnya.

Sehingga, tren berkebun dan menanam berbagai jenis tanaman hias menjadi salah satu tren yang sangat populer, bahkan hingga saat ini. Hobi yang satu ini sebenarnya tak hanya bisa memberikan rasa puas dalam diri, namun juga bisa berpotensi menghasilkan uang.

Bagaimana caranya? pertama, kamu harus bisa merawat tanamanmu agar bisa tumbuh subur dan sehat.

Cara Merawat Tanaman Agar Tumbuh Subur?

Setidaknya, terdapat 3 hal dasar yang wajib kamu paham agar bisa merawat tanamanmu hingga bisa tumbuh dengan subur. Pertama, kamu harus menentukan dan menyiapkan media tanam yang bisa membuat tanamanmu tumbuh dengan sehat.

Baca juga:  Sudah Terbukti, Begini Cara Mengecilkan Paha dan Betis

Media tanam tak hanya sebatas tanah saja, namun juga bisa humus, sekam padi dan juga serbuk kayu. Penentuan media tanam ini tentu saja harus didasarkan pada jenis tanaman yang hendak kamu tanam dan rawat.

Kedua, kamu harus memahami dan menyiapkan tempat untuk menanam tanaman yang akan kamu rawat. Apakah kamu akan menanamnya pada pot, polybag atau bahkan menamam secara langsung pada tanah. Hal yang paling penting adalah agar bagaimana kadar air yang disiramkan pada tanaman bisa terpenuhi secara optimal.

Ketiga, yakni memilih jenis tanaman yang tepat berdasarkan dua hal dasar lainnya seperti yang sudah dijelaskan. Satu hal yang jelas, kamu harus bisa memilih tanaman yang dapat hidup dan juga tumbuh pada kisaran suhu (±25°C) dirumahmu.

Baca juga:  Rekomendasi Cafe di Bandung yang Instagramable dan Asyik Buat Nongkrong

Merawat Tanaman dengan Sinar Matahari

Pastikan agar tanamanmu mendapatkan asupan sinar matahari yang cukup agar bisa berfotosintesis. Pastikan kamu meletakkan tanamanmu dalam ruangan terbuka yang bisa terjangkau sinar matahari.

Bagaimana Cara Merawat Tanaman
sumber gambar : unsplash.com

Cara Merawat Tanaman dengan Menyiram

Pastikan agar selalu rutin menyiram tanamanmu secara merata keseluruh bagian, jangan sampai air menggenang karena dapat mengurangi asupan Oksigen pada tanaman.

Merawat dengan Mengatur Suhu Kelembapan

Pastikan agar kelembapan ruanganmu sesuai dengan jenis tanamanmu, agar bisa tumbuh secara sehat.

Mengantisipasi Hama

Kamu juga perlu untuk mengantisipasi serangan Hama yang dapat merusak tanamanmu memberi nutrisi dan menjaga kualitas tanah.

Memotong Bagian yang Kering

Bagaimana cara merawat tanaman agar tumbuh subur? Pastikan untuk memotong bagian tanaman yang kering dan mati agar tidak menyebar pada bagian lainnya. Pastikan juga agar memotong rumput liar disekitar agar tidak memicu datangnya hama.

Baca juga:  Baca Disini, Teks Ceramah Singkat untuk Anak SD

Beri Pupuk Alami

Berikan pupuk alami agar tanaman dapat tumbuh dengan subur, sebisa mungkin agar kamu jangan menggunakan pupuk kimia.

 

sumber referensi : https://www.ruparupa.com/blog/cara-merawat-tanaman/