Membahas Bagaimana Cara Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara

Gambar oleh Mufid Majnun dari Pixabay

Bela negara merupakan sebuah konsep patriotisme dalam upaya mempertahankan eksistensi dan kedaulatan negara serta terjaminnya cita-cita bangsa. Secara konstitusional, bela negara termuat dalam pasal 27  ayat 3 Undang-undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945. Bunyi pasal tersebut yaitu “Setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam upaya pembelaan negara”.

Secara konstitusional, bela negara mengikat seluruh rakyat Indonesia sebagai hak dan kewajibannya sebagai warga negara. Istilah “NKRI Adalah Harga Mati” menjadi salah satu bentuk menjaga kedaulatan negara yang harus tertanam dalam diri setiap rakyat Indonesia. Begitu penting bela negara tersebut untuk negeri. Lantas bagaimana cara menumbuhkan kesadaran bela negara itu?

Cara Menumbuhkan Kesadaran Bela Negara

Untuk menumbuhkan kesadaran bela negara, ada berbagai hal yang dapat dilakukan, salah satu contohnya sebagai berikut ini:

Baca juga:  Inilah 27 Jurusan Kuliah untuk Anak IPA yang Peluang Kerjanya Besar, Mana Pilihan Kamu?

1.Menumbuhkan Rasa Cinta Kepada Negeri 

Rasa cinta tanah air adalah perasaan yang tumbuh dari hati kepada tanah air sehingga ingin selalu menjaga Indonesia. Sikap cinta tanah air ditumbuhkan dengan memahami Indonesia secara utuh. Misalnya dengan mempelajari sejarah perjuangan kemerdekaan Indonesia, mengenali potensi sumber daya dalam negeri, memahami perbedaan yang terjadi sebagai sebuah keindahan, menggunakan produk dalam negeri, dan lain sebagainya.

2.Mengamalkan Nilai-nilai Pancasila dalam Kehidupan 

Pancasila sebagai dasar negara, ideologi, dan falsafah hidup seyogyanya dijadikan sebagai pedoman hidup setiap warga negara dengan penuh penghayatan di setiap sendi kehidupan berbangsa dan bernegara. Pengamalan ini menjadi salah satu cara untuk menumbuhkan kesadaran bela negara sehingga keutuhan NKRI tetap terjaga.

Baca juga:  Apa Itu Teks Eksplanasi, Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

3.Menumbuhkan Keinginan Bela Negara

Hal yang tak kalah penting ketika ingin menunjukan kesadaran bela negara adalah memunculkan keinginan untuk menjaga keutuhan negeri. Tanpa keinginan, kontribusi dalam menjaga eksistensi bangsa tidak akan tercapai.

4.Menjaga Semangat Bhinneka Tunggal Ika 

Bhineka Tunggal Ika sebagai semboyan bangsa Indonesia menjadi simbol kemajemukan Indonesia yang perlu dihadapi dengan keterbukaan agar tercipta persatuan dan kesatuan negeri. 

5.Kesadaran Berbangsa dan Bernegara

Kesadaran dalam berbangsa dan bernegara dapat dicapai dengan berbagai cara, misalnya bertanggung jawab atas tugas yang diamanahkan, menghargai dan menghormati keanekaragaman, mendahulukan kepentingan umum,  bangga terhadap bangsa dan negara sendiri, hidup rukun dan memiliki jiwa gotong royong, serta menjalankan hak dan kewajiban sebagai warga negara. 

Baca juga:  Simak Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa LPDP

6.Memahami Norma atau Aturan yang Berlaku

Salah satu cara menumbuhkan kesadaran bela negara yaitu dengan memahami norma dan aturan yang berlaku. Setiap tempat punya aturannya masing-masing dan setiap orang didalamnya perlu menghargainya agar keutuhan tetap terjaga. 

Itulah beberapa cara menumbuhkan kesadaran bela negara. Menjaga keutuhan negara di tengah gempuran globalisasi penting untuk selalu dilakukan oleh segenap elemen dalam negeri.