Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua dan Guru

Sumber: yru.or.id

OMTELOLET – Seperti yang kita tahu, orang tua dan guru merupakan orang-orang yang telah memiliki banyak jasa dalam kehidupan kita. Maka, sudah sepatutnya kita menghormati mereka dalam kondisi apapun. Lantas, bagaimana cara menghormati orang tua dan guru dalam kehidupan sehari-hari?

Jasa orang tua dan guru rasa-rasanya tidak akan pernah habis kita hitung. Sebab, semenjak kita dilahirkan, orang tualah yang membantu kita dalam berbagai aktivitas. Bahkan, hingga dewasa, tak jarang kita masih sering merepotkannya.

Alasan Mengapa Harus Menghormati Orang Tua dan Guru

Mengapa kita harus menghormati orang tua dan guru? Berikut ini adalah beberapa alasan mengapa kita harus menghormati mereka, selain memang karena jasa mereka yang tiada putusnya.

  • Anjuran agama – saking krusialnya masalah menghormati orang tua dan guru, Tuhan pun memerintahkan semua manusia untuk selalu berbakti terhadap orang tua dan guru sampai kapanpun.
  • Salah satu bentuk sikap berbakti
  • Wujud rasa terima kasih atas jasa-jasanya
Baca juga:  Hasil UTBK SBMPTN 2022 Diumumkan Besok, Cek Info Lengkapnya Berikut Ini

Begini Cara Menghormati Orang Tua dan Guru

Setelah mengetahui mengapa kita harus menghormati orang tua dan guru, kamu juga harus mengetahui cara-cara menghormati mereka. Adapun, cara untuk menghormati mereka bisa dilakukan meskipun mereka sudah meninggal.

Berikut adalah beberapa contoh perilaku menghormati kedua orang tua dan guru yang bisa kamu lakukan.

  1. Melaksanakan Nasihat dan Perintah Orang Tua dan guru

Salah satu bentuk menghormati kedua orang tua dan guru adalah dengan melaksanakan nasihat-nasihat baik yang mereka berikan. Selama nasihat tersebut tidak membawa kita pada kesesatan, maka sudah seharusnya kita melaksanakannya.

  1. Merawat Orang Tua dengan Penuh Keihklasan dan Kesabaran

Seiring bertambahnya usia, orang tua pun akan semakin ringkih dalam melakukan berbagai hal. Maka, sudah menjadi tugas kita, sebagai anak, untuk merawatnya dengan sepenuh hati dan dengan penuh kesabaran dan keihklasan.

  1. Berkata Halus dan Sopan

Perkataan kasar akan dapat melukai hati orang tua dan guru. Oleh karena itu, setiap perkataan yang keluar dari mulut kita sebaiknya kita kontrol agar tidak melukai hati mereka.

  1. Mendoakan Orang Tua

Salah satu hal yang bisa dilakukan seorang anak ketika orang tuanya sudah meninggal adalah senantiasa mendoakannya. Cara ini juga tidak terkhusus bagi mereka yang orang tuanya sudah meninggal, akan tetapi orang tua yang masih hidup pun harus kita doakan agar sehat selalu.

Baca juga:  Mengapa Kita Tidak Bisa Mendengar Bunyi di Ruang Hampa?

Nah, itulah beberapa cara menghormati orang tua dan guru yang bisa kamu lakukan. Semoga uraian ini bisa membantu kamu untuk menjadi anak yang lebih baik.