Bagaimana Cara Menghemat Listrik? Ini Beberapa Tipsnya!

Foto oleh cottonbro dari Pexels

Di era modern seperti ini, listrik menjadi salah satu hal penting bagi kehidupan manusia. Hal ini karena semua aktivitas manusia sekarang selalu membutuhkan listrik. Mulai dari kegiatan belajar, bekerja, hingga menikmati hiburan dari perangkat elektronik. Banyaknya peralatan listrik yang digunakan di rumah dapat mendorong peningkatan penggunaan daya listrik. 

Penggunaan listrik di rumah perlu diperhatikan, karena semakin tinggi penggunaan daya listrik maka akan berdampak pada pemborosan listrik. Selain itu, biaya tagihan listrik pun akan semakin besar. Disamping itu, adanya kenaikan tarif dasar listrik juga dapat meningkatkan pengeluaran bulanan.

Semakin tinggi tarif dasar listrik yang ditetapkan, maka semakin tinggi pula biaya listriknya. Untuk menghindari lonjakan tagihan listrik rumah yang signifikan, sangat penting untuk menghemat penggunaan listrik sehari-hari. Lantas, bagaimana cara menghemat listrik? Ada banyak cara menghemat listrik, salah satunya sebagai berikut ini:

Baca juga:  Proses Terjadinya Angin Laut

1. Nyalakan Lampu Sesuai Kebutuhan

Sebagian orang sering menyalakan lampu sepanjang hari meskipun tidak digunakan. Tanpa disadari, kebiasaan tersebut dapat memicu peningkatan konsumsi listrik. Hal ini juga akan menimbulkan pemborosan karena daya listrik yang terbuang percuma. Untuk menghemat listrik, ada baiknya tidak menyalakan lampu seharian apalagi saat tidak digunakan. Dengan cara ini, Anda dapat menghemat konsumsi listrik dan tagihan listrik setiap bulannya.

2.Mencabut Kabel Dari Stop Kontak

Hal sepele yang sering terjadi adalah kita tidak mencabut kabel yang dicolokkan ke stop kontak. Misalnya, ketika setelah mengisi daya ponsel, hanya ponsel yang dicabut sedangkan kabel dibiarkan terhubung ke stop kontak. Meski tidak digunakan, kabel charger tetap mengalirkan arus listrik. Jadi biasakan untuk selalu mencabut kabel dari stop kontak agar listrik lebih hemat.

Baca juga:  Rumus Geometri dan Cara Menghitungnya

3. Gunakan Lampu Hemat Energi

Meski harganya lebih mahal dari lampu biasa, namun dalam penggunaan sehari-hari lampu LED menggunakan lebih sedikit listrik. Saat ini, ada jenis lampu LED dengan teknologi wireless sehingga bisa Anda sesuaikan penggunaannya. Daya LED 7 watt setara dengan bola lampu 60 watt. Dengan menggunakan lampu LED, Anda bisa mendapatkan pencahayaan yang terang sambil tetap menghemat penggunaan listrik.

4.Gunakan AC Sesuai Kebutuhan

Tak bisa dipungkiri, AC membutuhkan konsumsi daya listrik yang jauh lebih besar dibandingkan perangkat elektronik lainnya. Untuk menghemat listrik, Anda dapat membatasi penggunaan AC sesuai kebutuhan sehari-hari. Sebagai contoh, misalnya, tidak menyalakan AC terus menerus.

Sebagai alternatif, maksimalkan pengaturan udara segar di rumah Anda supaya tidak terlalu panas. Atur juga pengaturan suhu otomatis pada AC yang Anda gunakan. Dengan meminimalkan penggunaan AC di rumah, tagihan listrik Anda dapat berkurang secara signifikan. 

Baca juga:  Apa Rumus Luas Persegi? Cek Cara Menghitungnya Paling Cepat Disini

Nah, itulah beberapa tips sederhana untuk menghemat listrik. Selain yang disebutkan diatas, Anda juga dapat menggunakan cara lainnya untuk meningkatkan penghematan listrik.