Bagaimana Cara Menghargai Jasa Pahlawan?

Sumber foto id.wikipedia.org

Kemerdekaan yang kita rasakan kini tidaklah datang begitu saja. Begitu banyak perjuangan dan pengorbanan yang dilakukan oleh pendahulu negeri yang kita sebut sebagai pahlawan. Negeri yang awalnya dijajah silih berganti oleh negara lain berhasil dimerdekakan oleh para pahlawan dengan mengorbankan tenaga, waktu, bahkan nyawa mereka. 

Begitu mulia perjuangan pahlawan kita dahulu, yang tentu kini tak bisa kita balas dengan cara yang sama. Oleh sebab itu, penting untuk kita terus menghargai jerih payah dan meneruskan perjuangan mereka. Di Indonesia sendiri, salah satu bentuk penghargaan kepada para pendahulu kita yaitu dengan menetapkan tanggal 10 November sebagai Hari Pahlawan.  Yang mana setiap tahun selalu ada acara seremonial yang dilakukan untuk mengenang jasa para pahlawan. 

Baca juga:  Proses Tambal Gigi Permanen, Begini Prosedurnya

Bagaimana Cara Menghargai Jasa Pahlawan?

Sebagai generasi penerus bangsa, bagaimana cara yang tepat bagi kita untuk menghargai para pahlawan? Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas berbagai cara yang dapat dilakukan sebagai bentuk penghargaan kita kepada pahlawan. Ada berbagai cara menghargai jasa pahlawan, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Saling Menghormati Satu Sama Lain 

Para pahlawan dahulu memperjuangkan kemerdekaan dengan bersatu dan mengesampingkan perbedaan. Meskipun tak dapat dipungkiri mereka juga berasal dari suku, ras, agama, dan budaya yang berbeda, tetapi mereka memiliki satu tujuan yang sama, yaitu kemerdekaan negeri. 

Oleh karena itu, untuk menghargai jasa para pahlawan, kita perlu untuk melanggengkan sikap saling menghargai dan menghormati satu sama lain. Seperti yang termuat dalam Bhineka Tunggal Ika, barbeda-beda tetapi tetap satu jua. Kita berbeda tetapi tetap satu Indonesia. 

Baca juga:  Rumus Kuat Arus Listrik dan Contoh Soal

2.Mencintai Tanah Air 

Kecintaan para pahlawan dahulu menjadi pembakar semangat dalam perjuangan. Mencintai tanah air menjadi salah satu cara menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur di medan perang. Bentuk kecintaan kita terhadap tanah air dapat dimulai dengan bangga sebagai bangsa Indonesia, mempelajari budaya yang ada di dalam negeri, mengharumkan nama baik Indonesia dengan berbagai prestasi, ataupun menjaga fasilitas umum yang disediakan pemerintah. 

3.Mengenal Para Pahlawan

Di sekolah, tentu kita pernah mempelajari tokoh-tokoh yang berjasa atas kemerdekaan Indonesia. Dengan menyimak dengan saksama dan mengenal para pahlawan dapat menjadi salah satu bentuk kita menghargai perjuangan mereka dahulu. Meskipun mereka telah gugur, namun nama dan jasa mereka harus terus kita kenang. Selain mengenang jasa para pahlawan dan berterima kasih atas perjuangannya, kita juga harus bisa meneladani sikap dan perbuatan baik mereka.

Baca juga:  Berbeda dengan Tenis Lapangan, Beginilah Sejarah Tenis Meja

Itulah beberapa cara menghargai jasa para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan yang kita rasakan saat ini. Rasa terima kasih terbesar dan juga doa mari kita kirimkan kepada pahlawan kita.