Ketahui Bahaya Tuberkulosis dan Bagaimana Cara Mencegah Penyakit TBC

Foto oleh Polina Tankilevitch dari Pexels

Tuberkulosis (TBC) adalah salah satu penyakit paru-paru yang disebabkan oleh infeksi bakteri. Selain menyerang jantung, TBC juga dapat menyebar dan menyerang organ tubuh lainnya, seperti tulang belakang, otak dan ginjal. Oleh sebab itu, penyakit yang satu ini patut diwaspadai.

TBC adalah penyakit yang dapat menular melalui media udara. Ketika penderita TBC bersin, batuk atau aktivitas lain yang dapat mengeluarkan lendir, lendir tersebut akan terbawa oleh udara dan dapat masuk ketubuh orang lain yang menghirupnya. 

Bahaya Penyakit TBC

TBC tidak hanya aktif menyerang paru-paru namun juga beberapa bagian tubuh lain melalui aliran darah. Ada beberapa bahaya Tuberkulosis, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Kerusakan Sendi

Infeksi TBC pada sendi biasanya terjadi pada bagian lutut dan pinggul. Jika tidak ditangani dengan baik, maka akan menimbulkan kerusakan sendi yang dapat menyebabkan cacat permanen. 

Baca juga:  Bagaimana Cara Melestarikan Bahasa Daerah

2.Nyeri Tulang Belakang

TBC biasanya dapat menyerang bagian tulang manapun, namun paling sering di bagian tulang belakang. 

3.Gangguan Hati dan Ginjal

Hati dan ginjal merupakan organ tubuh yang berperan untuk menyaring kotoran dan limbah dari aliran darah. TBC dapat menyebabkan kedua organ ini terinfeksi dan tidak bisa berfungsi maksimal sebagaimana mestinya. 

4.Gangguan jantung

Walaupun terbilang jarang terjadi, namun penyakit TBC juga dapat menginfeksi jaringan di sekitar jantung. Akibanya, akan terjadi peradangan yang membuat fungsi jantung tidak bekerja dengan efektif. 

Bagaimana Cara Mencegah Penyakit TBC?

Ada beberapa cara mencegah penyakit TBC, salah satunya sebagai berikut:

  • Melakukan vaksin BCG (Bacillus Calmette-Guerin). Di Indonesia sendiri, jenis vaksin ini menjadi imunisasi wajib yang diterima oleh setiap anak pada saat usia 2 bulan. Adapun yang belum pernah melakukan vaksin jenis ini dapat menemui dokter, terutama bagi mereka yang memiliki riwayat keluarga penderita TBC
  • Mengenakan masker ketika berada di tempat ramai, terutama jika berinteraksi dengan penderita TBC
  • Rajin mencuci tangan
  • Menghindari penggunaan alat makan dan minum bersama-sama.
Baca juga:  Review Kelas AI for Accelerating Product Management Efficiency dari Skill Academy

Jika Anda menderita penyakit TBC, ada baiknya Anda lebih berhati-hati dan menjaga diri agar tidak menularkan penyakit tersebut pada orang lain. Ada beberapa cara sederhana yang bisa Anda lakukan untuk mencegah penularan penyakit Tuberkulosis, salah satunya sebagai berikut ini:

  • Menutup mulut ketika bersin dan batuk menggunakan tisu. Setelah itu, buang tisu bekas tersebut di tempat sampah
  • Tidak membuang dahak sembarangan
  • Memastikan rumah memiliki sirkulasi udara yang  baik, misalnya sering membuka pintu dan jendela agar pertukaran udara dapat terjadi secara maksimal
  • Menghindari tidur dengan orang lain meskipun sedang menjalani pengobatan hingga benar-benar sembuh. 

Itulah beberapa hal yang dapat dilakukan untuk mencegah penyakit TBC. Pada intinya, menjaga kesehatan itu sangat penting. Tidak hanya untuk mencegah penyakit TBC, tetapi juga mencegah berbagai penyakit lainnya. Dengan menjaga kesehatan, sama halnya dengan menghindarkan tubuh kita dari penyakit.

Baca juga:  Jurusan Kuliah IPS Yang Jarang Diminati Tapi Menjanjikan Nguliah

Sumber:

http://www.padk.kemkes.go.id/health/read/2019/03/25/6/pencegahan-tuberkulosis-tbc-tuberkulosis.

https://hellosehat.com/pernapasan/tbc/pencegahan-tbc/