Bagaimana Cara Membuat Mind Mapping Kuliah?

Foto oleh Pixabay

Mind mapping mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kamu. Mind mapping memuat ide besar, dikembangkan dalam bentuk poin penting dan disajikan dalam bentuk gambar menyerupai saraf atau ranting pohon. Mind mapping dapat memudahkan seseorang dalam mengingat informasi penting yang ada dalam sebuah pokok pembahasan tertentu.

Saat akan memasuki perkuliahan, mind mapping sangat berguna sebab dapat membantu merangkum hal yang perlu dan akan dilakukan saat kuliah. Oleh sebab itu, kamu bisa membuat mind mapping kuliah sebagai pegangan agar arah perkuliahanmu berjalan dengan lancar.

Apa itu Mind Mapping? 

Mind mapping menurut Melvin L. Silberman adalah langkah kreatif yang membantu seseorang memproduksi banyak ide menarik, mempermudah mempelajari sesuatu dan memudahkan merencanakan berbagai project baru yang  dijalankan.

Baca juga:  Proses Pembuatan Gula Pasir, Begini Tahapannya

Mind mapping adalah teknik grafis yang digunakan untuk menyajikan pemikiran manusia dengan menyediakan kunci-kunci universal sehingga membuka potensi otak. Dengan teknik ini dapat meningkatkan daya ingat seseorang sampai 78%.

Membuat mind mapping sangat bermanfaat, sebab bisa melatih diri untuk memahami berbagai informasi penting, meningkatkan kreativitas, membantu seseorang dalam memahami sesuatu, serta menghemat waktu dan ruang. 

Bagaimana Cara Membuat Mind Mapping Kuliah?

Mind mapping kuliah dibuat agar pemetaan selama perkuliahan terstruktur dan dapat terealisasi dengan baik. Ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk membuat mind mapping kuliah, salah satunya sebagai berikut ini:

1.Pahami Minat dan Bakatmu 

Dalam membuat mind mapping kuliah, kamu perlu mengetahui apa bakat dan minat kamu. Hal ini dapat memudahkan kamu menentukan kegiatan seperti apa yang akan kamu ikuti selama masa kuliah. Kamu juga bisa menyesuaikan minat bakatmu dengan organisasi apa yang akan kamu masuki. 

Baca juga:  Life Mapping Adalah Hal Terpenting untuk Mahasiswa Baru, Kenapa?

2.Menentukan Target yang Ingin Dicapai Selama Perkuliahan 

Poin penting yang perlu kamu masukkan dalam mind mapping kuliah adalah target yang akan kamu capai. Misalnya masa perkuliahan akan selesai berapa lama, target nilai yang ingin dicapai, menjadi lulusan terbaik atau cumlaude, perlombaan jenis apa yang ingin diikuti dan target lainnya. 

3.Organisasi 

Di jenjang perguruan tinggi, tentu akan banyak organisasi yang muncul, baik itu dalam lingkup internal maupun eksternal. Saat membuat mind mapping kuliah, kamu bisa memasukkan organisasi yang Ingin diikuti dan juga berapa yang akan dimasuki. 

Itulah tips membuat mind mapping kuliah yang dapat kamu ikuti. Dengan adanya mind mapping tersebut diharapkan bisa menjadi salah satu penentu arah saat menjalani masa-masa perkuliahan.