Bagaimana Cara Membuat Magnet? Ini Penjelasannya!

Gambar oleh Pixabay

Pernahkah kamu melihat benda yang dapat menarik benda lain? Atau mungkin kamu pernah menemukan dua benda yang jika didekatkan akan saling menarik atau saling menjauh? Benda-benda ini disebut sebagai magnet. Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang bagaimana cara membuat magnet.

Magnet adalah alat yang mempunyai kemampuan untuk menarik benda disekitarnya yang memiliki sifat tertentu. Terdapat dua jenis benda yang dapat ditarik oleh magnet, yaitu benda dengan bahan feromagnetik dan bahan non-magnetik. Feromagnetik dapat ditarik dengan kuat oleh magnet, contohnya besi, nikel, kobalt, dan baja. Adapun bahan non-magnetik terbagi menjadi dua yakni paramagnetik (yang dapat ditarik lemah oleh magnet kuat, misalnya emas) dan diamagnetik (yang menolak magnet).

Baca juga:  Rumus Luas Permukaan Kerucut dan Cara Menghitungnya

Magnet pertama kali ditemukan pada tahun 600-an SM di wilayah Magnesia Yunani. Mereka menemukan batu alam yang bisa menarik besi dengan kuat, dan diberilah batu tersebut nama sesuai tempat ditemukannya. Seiring berkembangnya waktu, magnet tidak hanya dapat memanfaatkan jenis batu tersebut, namun dapat dibuat dengan sengaja menggunakan bahan tertentu. Bagaimana caranya? Simak penjelasannya berikut ini.

Cara Membuat Magnet 

Magnet dapat dibuat dengan bahan yang terdiri dari atom magnet seperti besi dan baja. Berikut ini, 3 cara yang dapat kamu lakukan untuk membuat magnet:

1.Dengan Elektromagnetik

Elektromagnetik adalah cara membuat magnet dengan memanfaatkan aliran arus listrik, misalnya baterai. Sumber listrik dapat berupa batu baterai segala ukuran. Caranya, siapkan benda yang ingin dijadikan magnet (misal paku besi), dan kabel kumparan sebagai perantara aliran listrik. 

Baca juga:  Inilah Jenis Organisasi Mahasiswa di Kampus, Maba Wajib Tahu!

Tumpuk dua baterai dihubungkan dengan kabel kumparan. Sambung kedua ujung kabel dengan kutub positif dan negatif baterai. Kupas ujung kabel kumparan menggunakan gunting. Lalu, lilitkan kabel pada paku besi.  Magnet buatanmu sudah bisa digunakan.

2. Dengan Cara Induksi

Membuat magnet dengan cara induksi yaitu menggunakan pengaruh gaya magnet pada benda magnet elementer atau konduktor. Cara dengan mendekatkan magnet elementer dengan benda yang ingin dijadikan magnet (misal jarum besi). Dengan begitu, bahan dari besi akan menarik bahan feromagnetik lain. Tetapi, sifat kemagnetan ini sementara. Ketika magnet dijauhkan, maka besi akan kehilangan sifat kemagnetannya.

3.Dengan Menggosok

Cara membuat magnet yang terakhir adalah dengan menggosok. Caranya, siapkan magnet permanen serta benda yang ingin kamu jadikan magnet dan memiliki sifat kemagnetan. Kemudian, gosok benda tersebut ke magnet permanen dengan teratur dan satu arah. 

Baca juga:  Cari Placement Test Bahasa Inggris Gratis & Bersertifikat? Coba di English Academy!

Cara menentukan kutub utara dan selatan magnet buatan tersebut dilakukan dengan melihat ujung magnet permanen yang kamu gosokkan. Benda yang kamu pakai menerima aliran magnet adalah kutub berlawanan dengan ujung magnet permanen.

Itulah tiga cara membuat magnet yang bisa kamu praktekkan di rumah. Semoga bisa sedikit menjelaskan bagi kamu yang ingin tahu tentang bagaimana cara membuat magnet.

Sumber:

https://www.inews.id/news/nasional/3-cara-membuat-magnet-yang-mudah-dan-sederhana-lengkap-alatnya

https://www.liputan6.com/citizen6/read/3912810/3-cara-membuat-magnet-sederhana-lengkap-dengan-penjelasannya