Bagaimana Cara Membaca Puisi yang Baik? Begini Tipsnya

Sumber: popmama.com

OMTELOLET – Puisi menjadi salah satu karya sastra paling populer dan banyak diminati dan menyita perhatian. Hal itu dapat dilihat dari diselenggarakannya berbagai event sastra yang tak lepas dari penulisan atau pembacaan puisi. Puisi biasa dibacakan dengan cara membaca puisi yang baik.

Pasalnya, puisi menjadi satu-satunya karya sastra yang memiliki unsur irama, rima, serta penyusunan larik dan bait. Unsur-unsur tersebut kemudian membentuk suatu keindahan yang menjadi daya tarik puisi tersendiri. Oleh karena itu, berikut ini akan dibahas mengenai cara baca puisi yang baik.

Mudah! Begini Cara Membaca Puisi yang Baik

Tak hanya indah, proses dalam kegiatan membaca puisi dapat bermanfaat untuk membentuk karakter anak melalui nilai-nilai kehidupan yang terkandung di dalamnya. Anak pun dapat belajar mengekspresikan diri melalui kata-kata.

Baca juga:  Lulusan Agribisnis Jadi Apa? Temukan 7 Prospek Kerjanya dengan Gaji Besar Berikut Ini

Selain itu, anak bisa belajar mengenal emosi dengan kegiatan membaca puisi. Oleh karena itu, membaca puisi menjadi hal yang penting untuk dipelajari oleh anak. Adapun cara baca puisi yang baik bisa dilakukan dengan tips berikut ini.

  1. Memahami Makna dan Suasana yang Terkandung

Seperti yang kita ketahui, sebuah puisi tentu memiliki maksud yang hendak diungkapkan atau disampaikan. Namun, puisi tidak serta merta memberikan maksud tersebut dengan gamblang. Sebab, kata-kata yang puitis seringkali membutuhkan pemaknaan tersendiri.

Oleh karena itu, sebelum menyampaikan puisi, sebaiknya anak diajari untuk memahami maksud yang ada di dalam puisi tersebut.

  1. Pelafalam yang Tepat

Lafal merupakan bunyi bahasa. Nah, dalam aktivitas membaca puisi, pelafalan yang baik tersebut sangat penting diperhatikan. Pengucapan huruf vocal pun harus dilakukan secara jelas. Oleh karena itu, sebelum membaca puisi, berlatihlah terlebih dahulu untuk pelafalan tersebut.

  1. Gunakan Intonasi yang Tepat

Intonasi merupakan perubahan nada ketika berbicara. Detailnya, intonasi merupakan penyajian tinggi atau rendahnya nada atau irama dalam melafalkan kalimat. Nah, dalam pembacaan puisi, tinggi-rendahnya nada atau irama tersebut sangatlah penting.

Baca juga:  Pasar Pembuatan Vektor Viral: Segmen Kelainan Genetik Diperkirakan Akan Mendominasi Pasar

Sebab, intonasi yang tepat akan mampu menyampaikan makna dan maksud puisi tersebut dengan tepat pula.

  1. Penekanan pada Kata yang Dibutuhkan

Tekanan merupakan keras lembutnya pengucapan bunyi. Ketika membacakan puisi, penting untuk memberikan penekanan pada kata yang yang dianggap penting dalam satu larik puisi.

Nah, demikian penjelasan singkat mengenai cara membaca puisi yang baik. Semoga uraian ini bisa membantu kamu dalam membacakan puisi dengan baik.