Bagaimana Cara Memainkan Alat Musik Tamborin? Ini Jawabannya

Sumber: orami.co.id

OMTELOLET – Tamborin merupakan salah satu alat music perkusi yang tidak bernada. Umumnya, alat music ini terbuat dari bingkai kayu bulat, di mana salah satu sisinya ditutup dengan membrane kulit sapi atau lembu. Lantas, bagaimana cara memainkan alat music tamborin ini?

Umumnya, alat music ini dibunyikan dengan cara ditabuh atau cukup dengan digoyangkan. Nah, untuk lebih detailnya, cara memainkan alat musik ini akan dibahas pada uraian berikut ini. Bagaimana pula sumber suara dan cara tamborin menghasilkan suara akan dijelaskan pada artikel ini.

Cara Memainkan Alat Musik Tamborin

Ya, seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, alat music tamborin ini dibunyikan dengan cara ditabuh atau digoyangkan. Sebelum memperlajarinya lebih detail, baiknya kamu terlebih dahulu mengetahui bentuk dari pada alat musik yang satu ini.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menjaga Kebersihan Lingkungan? Ini Tipsnya!

Alat music ini memiliki bingkai kayu pada sisi-sisinya. Di antara bingkai tersebut terdapat lubang-lubang yang berisi semacam lempengan atau kepingan logam tipis dengan ukuran yang cenderung kecil. Lempengan tersebut dipasang secara bepasangan.

Maka, ketika tamborin dipukul atau digoyangkan, kepingan logam tersebut akan menghasilkan suara gemerincing. Begitulah tamborin dapat menghasilkan suara. Sementara itu, bagaimana asal-usul dari alat music tamborin?

Asal Usul Alat Musik Tamborin

Alat music ritmis ini sebenarnya sudah digunakan sejak lama, yakni semenjak zaman Roma Kuno, Yunani Kuno, India, Timur Tengah, dan zaman Mesopotamia. Orang-orang yang hidup pada masa tersebut menggunakan alat musik ini dalam berbagai acara keagamaan dan ritual penyembahan.

Baca juga:  Visi Misi SMP Terbaik

Sementara itu, nama tamborin sendiri berasal dari bahasa Perancis, yakni tambour yang berarti drum. Memainkan alat music ini tidak hanya untuk menikmati music atau suara saja, melainkan juga bermanfaat untuk otak, loh.

Menurut Proffesor Nina Kraus, seorang ahli saraf di Universitas Northwestern, memainkan alat music tamborin bisa membantu anak-anak memproses ucapan dengan lebih baik di ruang kelas yang bising. Bahkan, anak-anak bisa lebih akurat menafsirkan suara manusia.

Alat music tamborin ini juga memiliki kemiripan dengan alat music sejenis yang berkembang di beberapa negara di dunia. Pada masa Roma Kuno dan Yunani Kuno, tamborin juga digunakan untuk ritual pemujaan dewa-dewi.

Pada abad ke-13, tantara Salib membwa alat music ini ke Eropa dan lebih sering dimainkan kaum wanita sebagai instrument pengirin terian mereka. Nah, demikian uraian mengenai cara memainkan alat musik tamborin. Semoga bermanfaat ya!