Bagaimana Cara Melestarikan Sumber Daya Alam?

Foto dari Pexels

Indonesia dikenal sebagai salah satu negara yang kaya dengan sumber daya alam. Sumber daya alam adalah semua hal di alam yang dapat digunakan untuk kehidupan manusia. Sumber daya alam meliputi semua komponen yang ada di alam, mulai dari komponen biotik hingga abiotik.

Sayangnya, eksploitasi berlebihan yang dilakukan manusia membuat ketersediaan sumber daya alam semakin berkurang seiring waktu. Oleh sebab itu, ada baiknya kita terus melestarikan sumber daya alam tersebut. Tetapi bagaimana cara melestarikan sumber daya alam? berikut ini tipsnya!

1. Memanfaatkan Sumber Daya Alternatif yang Tidak Ada Habisnya

Alam menyediakan berbagai jenis sumber daya untuk digunakan manusia, salah satunya adalah jenis sumber daya alam yang tidak pernah habis. Contohnya seperti angin, sinar matahari, panas bumi, pasang surut dan sebagainya. Jenis sumber daya alam ini selalu tersedia di alam.

Baca juga:  Daftar Lokasi Brain Academy Center di Jawa Tengah? Ini Dia

Memanfaatkan jenis sumber daya alam yang tidak pernah habis sebagai alternatif sumber daya alam yang tidak terbarukan merupakan salah satu cara yang dapat dilakukan untuk melestarikan sumber daya alam.

Sumber daya alam seperti sinar matahari, angin dan pasang surut, misalnya, dapat dimanfaatkan dan diolah menjadi energi alternatif pengganti batu bara atau minyak bumi. Cara ini telah banyak digunakan oleh negara-negara maju, terutama untuk melestarikan sumber daya alam yang berasal dari komoditas pertambangan.

2. Pengolahan Air Limbah

Air yang digunakan untuk produksi di pabrik seringkali berakhir sebagai limbah yang mencemari lingkungan. Limbah tersebut dapat mencemari lingkungan dan mengancam ketersediaan air bersih. Karena itu, salah satu upaya melestarikan sumber daya alam khususnya air adalah dengan mengolah air limbah sebelum dibuang. Hal ini dimaksudkan untuk mengurangi bahan kimia yang ada dalam air limbah sebelum dibuang.

Baca juga:  Inilah Daftar Lengkap Jurusan Kuliah di UB, Ternyata Kedokteran Paling Ketat di SBMPTN 2022

3. Daur Ulang

Sumber daya alam di bumi cepat habis karena manusia menggunakannya secara berlebihan. Dengan mendaur ulang barang atau produk, maka ekstraksi sumber daya alam dapat diperlambat. Dengan cara ini, kita dapat melestarikan sumber daya alam untuk jangka waktu yang lebih lama.

4.Menanam Pohon

Tumbuhan adalah sumber daya alam yang penting karena membantu kita dalam banyak hal seperti menyediakan oksigen, makanan, kayu, dan banyak hal lainnya. Kita dapat mengambil contoh, Pohon. Tak bisa dipungkiri, keberadaan pohon sangatlah penting bagi bumi dan kehidupan manusia.

Pohon berkontribusi terhadap lingkungan dengan menyediakan oksigen, meningkatkan kualitas udara, perbaikan iklim, melestarikan air, melestarikan tanah, dan mendukung satwa liar. Selama proses fotosintesis, pohon mengambil karbondioksida dan menghasilkan oksigen yang kita hirup.

Baca juga:  Mengenal Kateter Urin: Jenis, Fungsi, dan Cara Pemasangannya

Nah, itulah beberapa cara melestarikan sumber daya alam yang bisa kita lakukan. Selain yang disebutkan diatas, kita juga dapat melakukan berbagai hal positif lainnya untuk menjaga kelestarian sumber daya alam.