Bagaimana Cara Melestarikan Hewan dan Tumbuhan? Begini Penjelasannya

Sumber: rumah.com

OMTELOLET – Seperti yang telah kita ketahui, Indonesia merupakan salah satu negara kepulauan yang memiliki keberagaman hayati. Namun, seiring berjalannya waktu, kelestarian hidup flora dan fauna tersebut kian terancam akibat campur tangan manusia. Oleh karena itu, cara melestarikan hewan dan tumbuhan ini penting untuk diketahui seluruh warga negara.

Apalagi, saat ini, faktor perubahan iklim yang semakin ekstrem juga turut memperparah keadaan tersebut. Sebab, berbagai bencana kini kerap terjadi akibat iklim yang tidak menentu ini. Bencana yang terjadi kemudian berpotensi untuk menimbulkan kepunahan jenis-jenis hewan tertentu.

Bagaimana Upaya Melestarikan Hewan dan Tumbuhan?

Mengetahui urgensi dan ancaman yang kian mengerikan tersebut, kita sebagai warga negara harus turun tangan pula untuk memperbaikinya. Salah satunya adalah mengupayakan pelestarian hewan dan tumbuhan langka yang dilindungi.

Baca juga:  Cara Daftar Program Bilingual Alta School

Selain itu, beberapa hal yang bisa kita lakukan untuk melestarikan flora dan fauna Indonesia adalah sebagai berikut.

  • Memberikan edukasi dan sosialisasi terhadap masyarakat luas, terutama yang bedekatan dengan habitat hewan dan tumbuhan yang dilindungi tersebut.
  • Mendukung upaya pelestarian lingkungan melalui berbagai program dan kebijakan
  • Membuat penangkaran bagi satwa dilindungi
  • Membuat papan larangan sebagai imbauan kepada masyarakat agar tidak melakukan hal-hal yang menyebabkan kepunahan hayati, misalnya memburu hewan langka, dan sebagainya.
  • Melaporkan orang-orang yang berburu satwa langka. Hal ini berguna untuk menimbulkan efek jera kepada masyarakat
  • Menghindari transaksi binatang langka

Cara Melestarikan Hewan dan Tumbuhan

Adapun upaya-upaya tersebut harus dibarengi dengan melakukan berbagai cara yang mendukung. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Penjagaan Ekoseistem

Lingkungan yang menjadi habitat bagi flora dan fauna harus dalam penjagaan. Pasalnya, ekosistem yang baik akan mampu menopang keberlangsungan tanaman ataupun hewan tersebut.

  1. Pembuatan Undang-Undang

Hal ini penting dilakukan untuk memelihara kelestarian hewan dan tumbuhan. Dengan mengacu pada undang-undang, warga negara akan lebih memiliki ketakutan melakukan hal-hal yang dapat menyebabkan kepunahan hewan dan tumbuhan langka.

  1. Penangkaran

Secara garis besar, penangkaran sendiri bisa dibagi ke dalam dua bagian utama, yakni in situ dan ex situ. Penangkaran in situ berarti hewan dan tanaman langka akan dijaga dan ditangkar pada kondisi alamnya yang asli.

Baca juga:  Buruan Catat! Tanggal Pendaftaran SNMPTN 2022

Sementara itu, penangkaran ex situ berarti penangkaran dilakukan tidak pada ekosistem alami. Selain itu, kita juga bisa membantu hewan ataupun tanaman langka agar mampu berkembangbiak secara produktif untuk menghindari kepunahan.

Nah, demikian uraian mengenai cara melestarikan hewan dan tumbuhan langka. Semoga uraian ini bisa membantu Anda dalam menjawab pertanyaan tersebut.