Bagaimana Cara Melestarikan Budaya Bangsa

Sumber: goodnewsfromIndonesia

OMTELOLET – Semakin banyaknya budaya asing yang masuk ke Indonesia membuat anak muda kian melupakan budaya lokalnya. Padahal, budaya Indonesia sangat penting untuk dilestarikan keberadannya. Sebab, hal itu merupakan salah satu kekayaan Indonesia. Lantas, bagaimana cara melestarikan budaya bangsa?

Seperti yang banyak diketahui, Indonesia memiliki kekayaan dan keberagaman kebudayaan yang sangat menarik. Banyak budaya tradisional ini kemudian terkikis secara perlahan akibat adanya akulturasi budaya asing yang masuk ke Indonesia.

Cara Melestarikan Budaya Bangsa

Sangat disayangkan, banyak kaum muda lebih memilih untuk menggunakan budaya asing ketimbang budayanya sendiri dalam berbagai aspek. Hal ini pun tak terlepas dari adanya globalisasi. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara melestarikan budaya bangsa Indoneisa.

Baca juga:  Mengapa Selat Malaka Mempunyai Peranan Penting pada Masa Kerajaan Sriwijaya

Adapun untuk melestarikan budaya bangsa, kita membutuhkan berbagai upaya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Mempelajari Budaya Lokal

Cara pertama untuk tetap melestarikan budaya bangsa adalah dengan mempelajari kekayaan budaya lokal. Apalagi, saat ini, untuk mempelajari budaya lokal kamu dimudahkan dengan adanya internet, buku, ensiklopedia, surat kabar, tau bahkan bisa dengan langsung mengunjungi tempatnya.

Kemudahan akses internet inilah yang membuat kamu dapat mempelajari budaya Indonesia yang beragam itu dengan lebih mudah. Pengetahuan mengenai budaya lokal ini akan mampu membuat budaya lokal ini tetap terjaga dalam waktu yang lama.

  1. Mengikuti Kegiatan Kebudayaan

Pengetahuan saja tidak cukup, kamu juga harus mengetahui banyak informasi secara langsung dengan mengikuti berbagai kegiatan kebudayaan masyarakat. Contohnya, kamu bisa bergabung menjadi peserta dan mengikuti kegiatan kebudayaan tersebut.

Baca juga:  Seminar Hasil Adalah Tahapan Kelulusan yang Wajib Kamu Ketahui

Selain itu, kamu juga bisa menonton pagelaran budaya yang kerap kali diselenggarakan oleh para pelaku budaya. Dengan begitu, kamu akan mampu melestarikan budaya lokal Indonesia.

  1. Mengajarkan Kebudayaan

Selain menjadi pelaku budaya, kamu juga bisa mewariskannya dengan cara mengajrkan kebudayaan tersebut kepada orang lain. Dengan begitu, orang lain pun akan turut mengetahui dan melestarikan budaya tersebut.

  1. Mengenalkan Budaya Indonesia ke Masyarakat Internasional

Selain dipelajari dan dilestarikan di kalangan sendiri, kebudayaan tersebut juga perlu dikenalkan ke dunia internasional. Apalagi saat ini untuk mengenalkan budaya tersebut cukuplah mudah. Kamu tinggal membagikan video kebudayaan ke media sosial contohnya.

Dengan begitu, orang-orang, baik dalam ataupun luar negeri akan turut menyaksikan kebudayaan tersebut.

  1. Buatlah kebudayaan Sebagai Identitas

Terakhir, cara melestarikan budaya bangsa adalah dengan membuatnya sebagai identitas. Bangun rasa bangga mengenalkan dan menggunakan budaya lokal tersebut di tengah-tengah gemparan globalisaisi.