Bagaimana Cara Melakukan Start Jongkok? Ini Penjelasannya

Sumber: tirto.id

OMTELOLET – Pada saat melakukan lari jarak pendek, terdapat beberapa teknik start yang bisa dipilih oleh atlet. Salah satu di antaranya adalah start jongkok. Lantas, bagaimana cara melakukan start jongkok agar bisa mengawali aktivitas lari dengan benar?

Teknik start jongkok ini memiliki sejumlah perbedaan dari pada bentuk sikap start yang lainnya. Hal ini terlihat pada bentuk aba-aba ketika bersedia. Nah, secara lebih lengkapnya, cara untuk melakukan start jongkok pada saat lari jarak pendek akan diuraikan berikut.

Aba-Aba Yang Digunakan dalam Start Jongkok

Sebelum mengetahui teknik melakukan start jongkok, perlu kamu ketahui terlebih dahulu aba-aba yang biasa digunakan. Adapun aba-aba yang biasa digunakan dalam start jongkong adalah Besedia, Siap, Ya atau Bunyi Pistol.

Baca juga:  Inilah 48 Istilah dalam Lingkungan Universitas, Maba Wajib Tahu Artinya!

Adapun teknik pada start jongkok ini dilakukan dengan cara berjongkok. Hal ini dimaksudkan adagar tubuh mendapatkan dorongan yang maksimal ketika hendak memulai berlari. Untuk dapat memaksimalkan dorongan kaki terhadap lintasan akan dibantu dengan alat penahan kaki atau papan blok.

Alat banu tersebut dalam aktivitas lari jarak pendek biasa disebut dengan start block. Nah, setelah mendapatkan gambaran umum mengenai start jongkok, selanjutnya kamu bisa memahami bagaimana teknik yang benar melakukan start jongkok.

Cara Melakukan Start Jongkok dengan Benar

Adapun, start jongkok sendiri terbagi ke dalam tiga, yaitu start pendek, menengah, dan panjang. Secara singkat berikut adalah penjelasan masing-masing jenisnya.

  1. Start Pendek

Untuk melakukan start jongkok pada start pendek ini, kaki kiri berada di depan dan lutut kanan diletakkan di sebelah kaki kiri sekitar kepal. Selanjutnya, kedua tangan diletakkan di belakang garis start dengan jari-jari rapat dan ibu jari tebuka.

  1. Start Menengah

Teknik yang satu ini merupakan teknik umum bagi para pelari jarak pendek atau sprinter ketika mengawali perlombaan. Dalam penerapannya, start jongkok menengah ini dilakukan atlet dengan mengambil jarak sekitar 0,53 meter atau 21 inci dari garis start.

Baca juga:  Bagaimana Proses Pernapasan Pada Burung?

Sementara itu sikap start menengah ini, meletakkan ujung kaki belakang segaris dengan tumit kaki depan.

  1. Start Panjang

Terakhir, dalam melakukan start panjang ini, para pelari meletakkan ujung kaki belakang segaris dengan tumit kaki depan. Biasanya start ini akan digunakan oleh seorang pelari yang memiliki badan tinggi.

Selanjutnya, perlari akan meletakkan kedua telapak kaki secara berjauhan dengan lutut kaki belakang berada di samping tumit kaki kiri.

Nah, demikian uraian mengenai cara melakukan start jongkok dengan benar yang bisa kamu ketahui, semoga bermanfaat!