Bagaimana Cara Melakukan Lompat Jauh? Ini Penjelasannya!

Sumber: kompas.com

OMTELOLET – Lompat jauh adalah salah satu cabang olahraga atletik yang seringkali menjadi materi pembelajaran di bangku sekolah. Lompat jauh kedengarannya merupakan olahraga yang mudah dilakukan, padahal cara melakukan lompat jauh harus memperhatikan teknik yang benar.

Oleh karena itu, pada uraian kali ini akan dijelaskan secara sederhana bagaimana cara benar melakukan lompat jauh tersebut. Biasanya, materi ini akan didapatkan pada pelajaran PJOK kelas 3 SD. Sebelum melakukannya, kenali tujuan dari aktivitas olahraga lompat jauh.

Apa Itu Lompat Jauh?

Cabang olahraga atletik yang satu ini memiliki tujuan melompat dan mencari titik jarak sejauh mungkin dari tempat tolakan. Pada saat melakukan lompat jauh, para atlet akan melakukan awalan terlebih dahulu.

Baca juga:  Rekomendasi Jurusan Komputer Kuliah yang Cocok Buat Kamu!

Hal-hal yang dibutuhkan pada saat melakukan lompat jauh adalah lapangan yang memiliki lintasan dan tempat mendarat yang aman. Umumnya, tempat mendarat akan diisi dengan pasir khusus, sehingga atlet bisa mendarat dengan aman.

Lintasan yang dilalui pada lompat jauh minimal 40 meter. Lalu pada bagian ujung lintas nantinya akan terdapat balok untuk lepas landas dengan ketebalan 5 centimeter dan lebar 20 meter. Sementara itu, jarak balok dengan bak pasir adalah satu meter.

Bak pasir sendiri memiliki ukuran panjang Sembilan meter dan lebar 2,75 hingga tiga meter. Nah, setelah mengetahui apa itu lompat jauh, selanjtnya pahami langkah-langkah melakukan lompat jauh.

Cara Melakukan Lompat Jauh yang Benar

Adapun, untuk bisa melakukan lompat jauh dengan benar, terdapat beberapa langkah yang harus dilalui oleh seorang atlet. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  1. Awalan

Langkah pertama yang harus dilakukan oleh para atlet adalah awalan, yang dalam hal ini adalah tolakan atau lepas landas. Pada tahap ini, atlet akan lari sprint menuju papan tolakan atau lepas landas.

Baca juga:  Rumus Kecepatan Rata-Rata, Jarak, dan Waktu, Mudah Dipelajari!

Untuk melakukan tahap ini, atlet harus tetap menjaga konsistensi dan kecepatan lompatan sehingga bisa mendapatkan jarak lompatan sejauh mungkin.

Umunya, atlet akan melakukan 20 hingga 22 langkah untuk melakukan tolakan. Namun, untuk pemula, kamu bisa mencoba dengan 8 langkah saja.

  1. Tolakan

Tahap selanjutnya setelah ancang-ancang dengan lari adalah tolakan. Tahap ini dilakukan dengan Gerakan lompatan agar menciptakan dorongan vertical melalui titik keseimbangan tubuh. Caranya, atlet akan menempatkan satu kaki terkuat menjadi tumpuan pada tutuk tolak untuk mendorong beban tubuh sebelum melompat. Lakukan tahap ini dengan tubuh yang tidak terlalu condong ke depan.

  1. Melayang dan Mendarat

Pada saat melayang, atlet bisa menggunakan beberapa gaya, berjalan di udara, gaya jongkok, dan gaya menggantung. Selanjutnya tahap akhir adalah mendarat. Sebaiknya pada saat pendaratan, tubuh yang menyentuh tanah pertama kali tumit kaki.

Baca juga:  Contoh Life Mapping Mahasiswa, Sukses hingga Lulus Kuliah!

Nah, inilah uraian mengenai cara melakukan lompat jauh yang benar. Semoga uraian ini bisa membantu kamu menjawab pertanyaan tersebut.