Bagaimana Cara Lulus SNMPTN? Ini Beberapa Tipsnya!

Gambar dari kabar24.bisnis.com

Melanjutkan studi di perguruan tinggi negeri favorit tentu menjadi impian sebagian besar anak yang baru lulus dari SMA sederajat. Terdapat beberapa jalur yang dapat ditempuh untuk mencapai impian tersebut, diantaranya jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), dan Jalur Mandiri. 

SNMPTN adalah cara masuk perguruan tinggi negeri (PTN) dengan mengandalkan nilai rapor dan prestasi akademik pada saat SMA sederajat. Nilai rapor yang digunakan adalah nilai rapor semester 1 sampai 5 untuk masa studi 3 tahun. Jika kamu penasaran cara lulus SNMPTN, simak penjelasannya dalam artikel ini.

Bagaimana Cara Lulus SNMPTN? Ini Tipsnya!

Hal utama yang diperlukan untuk bisa lulus ke PTN yang diinginkan melalui jalur SNMPTN adalah nilai rapor. Oleh karena itu, penting bagi kamu untuk membuat strategi terbaik untuk bisa masuk ke jurusan dan PTN yang diinginkan. Berikut ini beberapa tips lulus SNMPTN yang dapat kamu terapkan agar mendapat hasil terbaik:

Baca juga:  Program yang Ditawarkan Alta School Bilingual, TOP Banget!

1.Jaga Agar Nilai Rapor Tetap Stabil

Seperti yang diketahui, nilai rapor menjadi kunci utama lulus tidaknya seseorang SNMPTN dimana nilai semester 1 sampai 5 akan menjadi acuan. Oleh sebab itu, jika kamu baru masuk SMA, berusahalah untuk menjaga nilai tetap stabil dan tidak turun setiap semester.  Jika kamu sudah berada di semester akhir, kamu bisa konsultasi dengan guru BK terkait nilai tersebut. Dengan nilai yang stabil, peluang kamu diterima di PTN yang kamu inginkan semakin besar. 

2.Perbanyak Prestasi Akademik dan Non Akademik

Salah satu yang juga menjadi pertimbangan panitia SNMPTN adalah prestasi yang dimiliki siswa, baik itu prestasi akademik maupun non akademik. Kamu bisa mengikuti berbagai lomba saat SMA untuk menambah sertifikat yang kamu miliki. 

Baca juga:  Rumus Luas Permukaan Kerucut dan Cara Menghitungnya

3.Pahami Ketentuan Dasar SNMPTN

Cara lulus SNMPTN selanjutnya adalah memahami dengan baik ketentuan SNMPTN. Selain nilai rapor dan prestasi, jejak alumni juga sangat menentukan lulus tidaknya kamu di seleksi ini. Mengapa? Karena ada system skorsing jika seorang alumni dianggap melakukan kesalahan fatal (biasanya selama 2 tahun). Contohnya jika menolak mengambil jurusan yang dilulusi lewat jalur SNMPTN.  

4.Hindari Mengambil Jurusan yang Sama Persis dengan Teman

Tidak mengambil jurusan dan universitas yang sama dengan teman seangkatan juga menjadi strategi untuk lulus SNMPTN, sebab kemungkinan lulus 2 orang di jurusan dan kampus yang sama sangat kecil. 

Itulah cara lulus SNMPTN yang dapat kamu persiapkan sejak awal masuk SMA hingga menjelang seleksi dilaksanakan. 

Baca juga:  Menghitung Rincian Biaya SMK Multimedia, Ini Perkiraan Jumlahnya