Bagaimana Cara Hyena Mempertahankan Diri dan Wilayahnya

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Apakah kamu tahu seperti apa hewan Hyena itu? Lantas bagaiana cara Hyena mempertahankan diri dan wilayahnya? Nah, pada artikel kali ini kita akan membahas menganai salah satu binatang karnivora asal Afrika, Arab, Asia, dan sub benua India yang memiliki bulu kasar ini.

Hyena termasuk hewan sejenis anjing dan masuk ke dalam bagian famili Hyaenidae. Hewan ini memiliki kaki bagian depan yang panjang dan leher serta bahu yang kuat untuk memotong dan membawa mangsanya. Sebelum mengetahui cara hewan ini bertahan hidup, simak terlebih dahulu bagaimana cairi-ciri hewan Hyena ini.

Apa Itu Hewan Hyena?

Hyena sendiri merupakan karnivora besar yang seringkali digambarkan sebagai pencuri yang rakus, bodoh, dan memiliki tawa yang menyeramkan. Meski begitu, Hyena ternyata kawanan hewan yang pintar. Bahkan, Hyena diklaim lebih pintar dari singa.

Baca juga:  Daftar Lokasi Brain Academy Center di Jabodetabek? Cari Disini

Pasalnya, mereka memiliki tatanan sosial yang amat kompleks. Banyak ahli mengatakan bahwa Hyena merupakan salah satu predator paling sukses di Afrika. Hal itu dikarenakan mereka memiliki fleksibilitas dan kemampuan kognitif yang lebih unggul dibanding dengan predator lainnya.

Mereka tinggal dalam kelompok sosial yang bisa terdiri dari 80 individu, bahkan mengenal satu sama lain. Hal itu membuat mereka menyadari apabila terdapat penyusup yang masuk ke wilayah mereka. Mereka merupakan hewan yang amat territorial terutama menyangkut makanan, air, dan sarang anak.

Cara Hyena Mempertahankan Diri dan Wilayahnya

Setidaknya, dengan gaya hidup mereka yang berkelompok tersebut, terdapat dua cara mereka mempertahankan diri dan wilayah teritorialnya.

  1. Memanggil Kawanan

Seperti yang diketahui, Hyena menjadi hewan yang mengakrabi semua golongannya dalam satu wilayah. Karena itu, apablia terdapat penyusup yang masuk ke wilayahnya Itu, mereka akan langsung mengenalinya.

Baca juga:  Menjanjikan! Inilah 14 Prospek Kerja Jurusan Bisnis dengan Gaji Besar

Dengan mudah mereka akan memanggil kawanannya untuk melidungi wilayahnya dan diri mereka sendiri. Meski begitu, suatu penelitian membuktikan bahwa mereka tidak menyerang penyusup mereka dengan membabi buta.

Mereka bahkan memperhiungkan kemungkinan sebelum terjun menghadapi lawannya. Hyena menghitung jumlah penyusup yang masuk ke wilayah teritorialnya. Mereka lantas menghitung pula kelompoknya yang siap bertarung. Hal itulah yang membuat Hyena diklaim sebagai hewan yang pintar.

  1. Hyena Betina Menjaga Sarang dan Anak-Anaknya

Dalam proses mengusir penyusupnya, Hyena pun memperhitungkan siapa yang akan menjaga sarang dan anak-anaknya. Mereka tidak melakukan penyerangan secara serampangan. Seorang betina akan terpilih untuk menjaga sarang dan juga anak-anak Hyena.

Itulah cara hyena mempertahankan diri dan wilayahnya. Semoga uraian ini bisa menjawab pertanyaanmu, ya!