Bagaimana Cara Bernyanyi yang Benar? Begini Penjelasannya

Sumber: inews.id

OMTELOLET – Masalah menyanyi, mungkin semua orang bisa melakukannya. Namun, tak semua orang yang memiliki suara indah sekalipun mengetahui teknik menyanyi dengan benar. Oleh karena itu, bagi kamu yang memiliki suara emas, perhatikan pula cara bernyanyi yang benar.

Dengan penguasaan teknik yang benar, kamu bisa menyanyi dengan suara yang enak didengan dan sesuai dengan notnya. Oleh karena itu, pada artikel kali ini akan dijelaskan mengenai bagaiamana cara menyanyi yang benar agar enak didengar.

Cara Bernyanyi yang Benar

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, teknik menyanyi merupakan hal krusial yang harus dimiliki oleh seorang penyanyi. Sebab, tanpa teknik bernyanyi yang benar, seseorang yang memiliki suara emas pun tidak akan enak didengar.

Baca juga:  Inilah Sejarah Kerajaan Banten, Masa Kejayaan hingga Peninggalannya

Nah, berikut ini adalah beberapa tips atau cara agar bernyanyi dengan benar dan enak didengar alias tidak fals.

  1. Bernyanyi dengan Santai

Dalam hal ini, kamu dituntut untuk menciptakan suasana santai terlebih dahulu agar dapat membawakan sebuah lagu semaksimal mungkin. Sebab, nervous juga menjadi salah satu faktor seorang penyanyi tidak bisa bernyanyi dengan benar.

  1. Tidak Memaksakan Nada Tinggi

Setiap orang memiliki tone suara yang berbeda. Dalam bernyanyi, kamu tidak boleh memakskan suara dengan nada tinggi. Sebaiknya, kamu mengontrol suara dan menenangkan diri. Suara akan naik perlahan ketika penyanyi tenang. Nada tinggi yang dipaksakan akan membuat suara pecah dan fals.

  1. Latihan Pernapasan

Hal ini juga sangat penting diperhatikan dalam hal bernyanyi. Jika kamu hendak menjadi penyanyi, maka mulai saat ini cobalah membiasakan diri bernapas dengan diafragma sebagai latihan. Ketika kamu sudah bisa bernapas dengan cara yang benar, maka perut bagian bawah akan mengembang dengan tulang rusukmu.

  1. Melakukan Pernapasan dengan Benar saat Menyanyi

Setelah terbiasa bernapas menggunakan diafragma, pada saat bernyanyi kamu juga harus melakukan pernapasan dengan benar. Hal ini juga penting untuk menghindari kerusakan pada tenggorokan yang memengaruhi performa.

  1. Paham tentang Jangkauan Suara

Jangkauan suara sendiri bisa dibedakan berdasarkan jenis kelamin. Bagi pria, umumnya memiliki suara tenor, baritone, dan bass. Sedangkan wanita memiliki nada sopran, mezzosopran, dan alto.

  1. Skala Vokal

Skala dalam hal ini yang dimaksud adalah rangkaian nada yang menaikkan nada kemudian menurunkannya kembali. Melatih suara sesuai dengan pola skala akan membantu kamu dalam mengembangkan control suara yang akurat.

Baca juga:  Contoh Pidato Sambutan Ketua Terpilih yang Mudah

Nah, demikian cara bernyanyi yang benar, yang bisa kamu coba dalam teknik bernyanyi. Semoga uraian ini bisa membantu kamu dalam mejawab pertanyaan tersebut.