Bagaimana Cara Agar Tanaman Teh Bisa Bermanfaat Menahan Erosi?

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Teh merupakan salah satu minuman tertua di dunia. Pasalnya, teh telah diminum oleh manusia sekitar lima ribu tahun yang lalu. Tak hanya menjadi minuman dengan varian rasa yang unik, tanaman teh juga memiliki banyak manfaat. Salah satunya teh bisa bermanfaat menahan erosi.

Seperti yang banyak diketahui, tanaman teh dapat tumbuh dengan baik pada ketinggian 200 higga 2000 meter di atas permukaan laut. Itulah sebabnya tanaman ini banyak ditemui pada lereng-lereng gunung yang memiliki kelembapan lebih tinggi. Bahkan, ia membutuhkan suhu berkisar 13 hingga 25 derajat celcius.

Sifat Tanaman Teh Bisa Bermanfaat Menahan Erosi?

Tanaman teh bisa berfungsi untuk menahan erosi banyak diungkapkan dalam berbagai studi lingkungan. Lantas bagaimana cara tanaman teh ini bisa menahan erosi?

Baca juga:  Inilah Daftar Lengkap Jurusan Kuliah dan Daya Tampung di Unsoed 2022, Mana Pilihan Kamu?

Dalam buku Keanekaragaman Serangga pada Perkebunan Teh Wonosari Lawang dengan dan Tanpa Aplikasi Pestisida (2012) yang ditulis oleh Ari Sumiswartrika, dijelaskan bahwa pohon teh memiliki akar tunggang yang panjang dan dapat masuk pada lapisan tanah yang amat dalam.

Adapun menurut M. Bayu Dwi Utomo dalam Pengaruh Iklim Terhadap Produktivitas Tanaman Teh (2018), akar tunggang pada tanaman teh dapat tumbuh sedalam 90 hingga 150 cenimeter dengan diameter 7,5 centimeter.

Akar tersebut yang tumbuh ke dalam atau ke samping menancap kuat dalam tanah. Sifat dari akar tersebut mampu membuat tanaman the mampu menahan erosi, baik yang disebabkan oleh angin maupun air.

Bagaimana Cara Tanaman Teh Bisa Bermanfaat Menahan Erosi?

Lantas, bagaimana cara tanaman teh agar bisa bermanfaat menahan adanya erosi tersebut? Jadi, agar tanaman the berfungsi menahan erosi, maka teh harus di tanam di wilayah lereng yang kosong.

Baca juga:  Memahami Apa itu Hukum? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Di mana tanah tersebut ditanami sayur-sayuran karena tanahnya yang rawan longsor dan erosi. Agar lebih efektif menahan erosi, tanaman teh tersebut ditanam dengan pola berjajar yang rapi.

Satu tanaman teh ditanam sekitar satu hingga satu setengah meter dari tanaman teh di sebelahnya. Selain itu, lereng tersebut bisa dibentuk menjadi sengkedan atau bertangga-tangga. Hal ini untuk mencegah longsor dan memudahkan panen daun teh.

Tanaman teh yang ditanam secara berjajar ini dapat menahan angin yang menerpa tanah. Sehingga, partikel tanah tersebut tidak terbawa angin. Dengan begitu, pengikisan tanah atau erosi tidak akan terjadi karena angin.

Sementara itu, akar tunggang yang menancap ke tanah juga berfungsi menahan erosi. Akar the tersebut bermanfaat menahan aliran air yang menuruni lereng. Dengan begitu, aliran air yang turun tersebut tidak akan mengikis tanah.

Baca juga:  PPDB Jateng 2022 Online Jenjang SMA dan SMK: Cara Aktivasi Akun, Syarat, dan Jadwalnya

Nah, itulah uraian mengenai cara tanaman teh bisa bermanfaat menahan erosi. Semoga uraian ini bisa menjawab pertanyaan kamu.