Baca Penjelasannya Disini, Apa itu Kalimat Tunggal?

Apa itu Kalimat Tunggal
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu kalimat tunggal? mungkin, sebagian besar orang mungkin belum banyak mengetahui pengertian dari kalimat tunggal. Pasalnya, setiap jenis kalimat juga memegang peranan penting dalam kelancaran proses komunikasi di berbagai bidang kehidupan.

Kalimat tunggal juga termasuk kedalam jenis kalimat yang memegang peranan penting dalam kelancaran proses komunikasi yang dilakukan orang-orang. Maka, orang-orang perlu mengetahaui apa itu kalimat tunggal? baik dari pengertian, ciri dan juga jenisnya.

Atas dasar itulah, di artikel kali ini akan dibahas mengenai kalimat tunggal. Tujuannya jelas, agar orang-orang memahami konsep dari kalimat tunggal. Sehingga, orang-orang bisa memahami apa itu kalimat tunggal sebagaimana fungsinya dalam kegiatan komunikasinya setiap harinya.

Baca juga:  Inilah Daftar Jurusan Sepi Peminat di Unhas 2022 yang Dijamin Bikin Peluang Lolos Besar

Apa itu Kalimat Tunggal?

Kalimat tunggal adalah jenis kalimat yang hanya tersusun atas satu yakni subjek, predikat, objek dan juga keterangan. Atas dasar pola penyusunannya tersebutlah, kalimat tunggal juga kerap kali disebut sebagai kalimat sederhana.

Artinya, kalimat tunggal memiliki ciri khusus yang secara umumnya tidak dimiliki oleh beberapa jenis kalimat lainnya. Ciri khusus itu yakni, ketiadaan kata penghubung atau yang biasa disebut konjungsi dalam susunan kalimat tunggal.

Apa itu Kalimat Tunggal
sumber gambar ; unsplash.com

Ciri Kalimat Tunggal

Kalimat tunggal memiliki beberapa ciri khusus yang dapat dikenali melalui beberapa poin berikut ini.

  • Penulisan dalam kalimat tunggal akan selalu diawali dengan huruf kapital.
  • Kalimat tunggal hanya dapat menginterpretasikan satu kejadian saja.
  • Penulisan suatu kalimat tunggal tidak melibatkan peranan kata hubung.
Baca juga:  Apa Itu Teks Tanggapan? Ini Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

Jenis dan Contoh Kalimat Tunggal

  • Kalimat tunggal Adjektiva, jenis kalimat tunggal yang memiliki predikat berupa kata benda. Contoh ; Sepatu Brandon sangat mahal. Bola Bowling sangatlah berat.
  • Kalimat Tunggal Nominal, jenis kalimat tunggal yang satu ini dikenal karena predikatnya yang berupa kata benda. Contoh ; Rajko adalah pelatih Basket. Dia adalah Nelayan.
  • Kalimat Tunggal Numerial, jenis kalimat tunggal yang satu ini dapat dikenali melalui predikatnya yang berupa kata berguna. Contoh ; Harga sepatu itu bisa mencapai 5 juta. Victor memiliki sepasang sepatu.
  • Kalimat Tunggal Preposisional, jenis kalimat tunggal yang satu ini dapat dikenali karena predikatnya yang memiliki kata depan. Contoh ; Anda pergi ke toko alat pancing. Vedran di Sungai.
  • Kalimat Tunggal Verbal, jenis kalimat tunggal yang satu ini memiliki predikat yang merupakan kata kerja. Contoh ; Miko membakar Sate. Dodo memancing ikan.
Baca juga:  Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Saran? Cek Materi Lengkap Disini

Itulah ulasan lengkap mengenai apa itu kalimat tunggal beserta contohnya.

Sumber referensi ; https://bobo.grid.id/read/082701238/kalimat-tunggal-ciri-ciri-jenis-dan-contohnya?page=all