Baca Disini, Teks Ceramah Singkat untuk Anak SD

ceramah singkat untuk anak sd
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Ada banyak sekali metode belajar yang bisa diterapkan dan diajarkan kepada anak SD. Salah satunya yakni dengan menggunakan teks ceramah singkat untuk anak SD.

Melalui teks ceramah singkat, ada banyak sekali materi pembelajaran yang bisa disampaikan dalam bentuk pembelajaran kepada anak SD. Berikut ini adalah contoh teks ceramah singkat untuk anak SD.

Teks Ceramah Singkat untuk Anak SD

Assalamualaikum, Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi…

pertama marilah kita mengucap syukur kepada Allah terlebih dahulu, yang mana kita sudah diberikan segala nikmat iman dan islam sehingga bisa melaksanakan ibadah puasa Ramadhan.

Sholawat serta salam kita haturkan kepada nabi revolusi zaman nabi Muhammad SAW, yang mana sudah membawa kita dari jaman jahiliyah sampai jaman terang-benerang. sebab menghadiahkan salam semoga kita semua mendapat pertolongan beliau pada nanti hari akhir.

Baca juga:  Mengetahui Apa itu Paparazzi? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi..

Bulan puasa adalah bulan dimana diwajibkan nya semua ummat muslim melaksanakan puasa bulan ramadhan, tak mengherankan jika banyak rohmat yang diturunkan oleh Allah pada bulan Ramadhan.

Masa-masa kecil memang masa kita berlatih untuk berpuasa, bila tidak kuat kalian bisa latihan berpuasa setengah hari dulu, dan bila belum sanggup lagi maka berusahalan untuk berpuasa satu hari penuh, hahhaha begitu kan ? benar kan ?

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi.. pada kesempatan yang berbahagia ini saya akan menyampaikan sepatah kata tentang kewajiban puasa pada bulan Ramadhan.

ceramah singkat untuk anak sd
sumber gambar ; unsplash.com

puasa berasal dari kata “shaum” atau “shiyam” yang artinya menahan diri. secara istilah  ialah menahan diri dari haus,lapar, hawa nafsu serta segala yang membatalkan puasa dari terbitnya matahari sampai tiba pada  terbenamnya matahari..

Baca juga:  Cara Menghilangkan Flek Hitam Secara Alami

Hal ini didasarkan oleh firman Allah dalam Al-Qur’an Surah Al-Baqarah ayat 183:

يَٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡكُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِكُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ [البقرة:183] .

Artinya:

Hai orang-orang yang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertakwa.

Intinya, pada bulan Ramadhan ini pintu surga dibuka seluas-luasnya, pintu neraka ditutup serapat-rapatnya, dan para setan dikarantina selama sebulan penuh.

Nah semoga kalian semua tergoling orang-orang yang beriman dan bertakwa kepada Allah, dan tergolong sebagai ummat islam yang sholih dan sholihah supaya masuk syurga nya Allah.

Anak-anakku sekalian yang saya cintai dan sayangi..

Demikianlah ceramah yang bisa saya sampaikan pada kesempatan hari ini. Mohon maaf atas segala khilaf dan salah. Saya akhiri dengan pantun:

Baca juga:  Apa itu Media Partner dan Contohnya? Berikut Info Lengkapnya

Wassalamu’alaikum WR. WB.

sumber referensi ; https://samudranesia.id/ceramah-singkat-ramadhan-untuk-anak-sd/