Baca Disini, Contoh Teks Ceramah Berbakti kepada Orang Tua

Teks Ceramah Berbakti kepada Orang Tua
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Berbakti kepada orang tua bisa diajarkan kepada orang lain melalui kegiatan ceramah. Berikut ini adalah contoh teks ceramah berbakti kepada orang tua. Sebagai referensi untuk berlatih pidato dengan teks ceramah berbakti kepada orang tua.

Teks Ceramah Berbakti kepada Orang Tua

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Pertama-tama marilah kita panjatkan puji dan syukur kita kepada Allah Swt, yang telah memberikan kita waktu dan kesempatan untuk hadir di tempat ini. Tidak lupa pula kita kirimkan salawat kita kepada Nabi Muhammad Saw, nabi yang telah membawa kita dari zaman jahiliah menuju zaman yang terang benderang.

Ingatkah saudara dengan ungkapan”Surga ada di bawah telapak kaki ibu?”

Pepatah tersebut bermakna sebagai pengingat bahwa kita sebagai anak harus senantiasa berbakti kepada orang tua. Bahwasannya, Surga hanya menghendaki hamba-hambaNya yang berbakti kepada orang tua.

Selayaknya kita memang harus berbakti dan memuliakan orang tua kita dalam kehidupan sehari-hari. Janganlah sekali-kali kita sampai mengabaikan bakti kepada orang tua, terlebih sampai melawan perintahnya.

Rasulullah pernah bersabda,

“Semua perbuatan dosa, balasannya ditangguhkan oleh Allah Swt., sesuai dengan kehendak-Nya hingga hari kiamat, kecuali dosa menyakiti hati orangtua, karena susungguhnya azab perbuatan tersebut disegerakan atas pelakunya sewaktu masih hidup, sebelum mati.” (Hadits Riwayat Thabani)

Teks Ceramah Berbakti kepada Orang Tua
sumber gambar ; unsplash.com

Saudara-saudara, sebegitu pentingnya seorang anak dalam memuliakan keberadaan orang tua. Hingga, Rasulullah pun bersabda tentang pentingnya memuliakan orang tua. Hingga, Rasulullah memperingatkan tentang azab yang nyata bagi anak yang tega menyakiti hati orang tua.

Bahwasannya, azab Allah swt terhadap anak yang menyakiti hati orang tua, akan segera turun semasa anak masih hidup. Tak harus menunggu sang anak telah mati untuk menerima azab atas perbuatan dzalimnya terhadap orang tua.

Kesimpulan yang bisa kita ambil, marilah kita senantiasa untuk memberikan bakti yang terbaik kepada kedua orang tua kita. Begitupun kepada mertua, insya Allah mereka akan rida kepada kita. Perbanyak rasa bersyukur dan mendoakan kedua orangtua kita yang telah melahirkan dan membesarkan kita. Sebagaima yang kita ketahui, “rida Allah bergantung rida orangtua, maka doa orangtua pun akan didengar dan dikabulkan Allah Swt.”

Demikian ceramah yang bisa saya sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangan yang ada.

Wassalamualaikum warahmatllahi wabarakatuh.

Itulah contoh teks ceramah berbakti kepada orang tua. Semoga bermanfaat dan bisa mengasah kemampuan kita dalam kegiatan ceramah.

Baca juga:  Rekomendasi Cafe di Bogor yang Instagramable dan Kekinian

sumber referensi ;