Baca Disini, Cara Buat KIP Kuliah

Agaknya, tak semua pelajar SMA maupun SMK memiliki dukungan finansial yang mencukupi untuk berkuliah di perguruan tinggi, sehingga mendapatkan Beasiswa merupakan jalan pintas agar bisa berkuliah di perguruan tinggi. Program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah merupakan salah satu beasiswa yang bisa memberikan peluang bagi para pelajar agar tetap bisa berkuliah di perguruan tinggi, maka, artikel ini akan membahas cara buat KIP Kuliah.

Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah sebagai program yang dicanangkan pemerintah untuk memberikan kesempatan akses pendidikan yang merata hingga perguruan tinggi sangatlah bagus dalam meningkatkan output para pelajar di Indonesia. Maka, program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah ini harus diketahui oleh para pelajar dengan kemampuan finansial yang kurang mumpuni, namun memiliki prestasi akademik yang bagus untuk berkuliah di perguruan tinggi.

Sehingga, para pelajar tersebut wajib untuk mengetahui cara agar bisa mendaftar pada program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah. Berikut ini akan dijelaskan tahapan prosesnya ;

  • Pelajar harus menyiapkan terlebih dahulu menyiapkan beberapa data pribadi yang dibutuhan, seperti NIK, NISN, NPSN serta alamat e-mail yang aktif untuk di-input dalam data diri saat mengisi data diri di kolom pendaftaran.
  • Melakukan pendaftaran dengan mengunjungi laman kip-kuliah.kemendikbud.go.id, dan melakukan pengisian data sesuai keperluan yang dibutuhkan untuk mendapatkan sebuah akun KIP Kuliah.
  • Apabila telah menyelesaikan proses pengisian data di fase pendaftaran KIP Kuliah, maka selanjutnya sistem akan melakukan validasi dan verifikasi terhadap pelajar untuk dinilai seberapa layaknya untuk mendapatkan beasiswa KIP Kuliah.
  • Seorang pelajar dinyatakan berhasil mendaftar KIP Kuliah apabila sistem mengirimkan sebuah nomor pendaftaran beserta password melalui e-mail aktif yang dimasukkan saat tahap awal pengisian data pribadi.
  • Setelah mendapatkan nomor pendaftaran dan password, maka selanjutnya pelajar dapat memilih jalur seleksi masuk perguruan tinggi yang hendak dituju, termasuk program studi pilihan dan universitas yang menjadi tujuan.
Baca juga:  Menilik Beberapa Prospek Kerja Biologi yang Menjanjikan
sumber gambar ; wrdfree.com
  • Pelajar yang dinyaatakan diterima di program studi pada Universitas pilihannya dapat melakukan proses tahapan verifikasi lanjutan agar bisa direkomendasikan sebagai calon mahasiswa/mahasiswi penerima program Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah.

Sebagai informasi tambahan, terdapat beberapa kriteria khusus yang harus dipenuhi agar seorang pelajar dapat membuat KIP kuliah, berikut ini penjelasan tambahannya.

  • Pendaftar KIP Kuliah merupakan pelajar SMA atau SMK yang akan segera lulus, atau maksimal sudah dinyatakan lulus dua tahun yang lalu. Bila pendaftar telah dinyatakan lulus lebih dari dua tahun, maka dinyatakan tidak dapat mendaftar KIP Kuliah.
  • Memiliki kemampuan akademik yang mumpuni, sekaligus dapat menyertakan surat bukti yang menyatakan kurang mampu secara finansial.
  • Dinyatakan telah diterima sebagai mahasiswa/mahasiswi di Universitas yang telah ter-akreditasi secara resmi.
Baca juga:  Cara Bayar Ruangguru Via Bank BRI

Pada nantinya, seorang mahasiswa yang berstatus sebagai penerima bantuan Beasiswa Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah akan mendapatkan beberapa benefit, yakni ;

  • Dibebaskan dari kewajiban membayar uang kuliah semester
  • Mendapatkan uang pesangon untuk menunjang kegiatan perkuliahan, Adapun dana pesangon tersebut besarannya tidaklah sama, bergantung program studi dan kampus tempat dimana penerima KIP Kuliah itu menjalani ke perkuliahan.

jadi, begitulah ulasan panjang dan lengkap mengenai cara buat KIP Kuliah beserta dengan keterangan tambahan mengenai persyaratan dan lain sebagainya. Semoga dengan ini bisa membantu para pelajar yang memiliki kemampuan akademik mumpuni dan berniat untuk melanjutkan studinya ke perguruan tinggi.

sumber referensi ; https://mamikos.com/info/cara-daftar-kip-kuliah-bagi-yang-tidak-punya-mhs/