Baca Disini, Apa itu Kalimat Deskriptif?

Apa itu Kalimat Deskriptif
sumber gambar ; unsplash.com

OMTELOLET – Ketika berada di bangku sekolah, hampir semua orang tentu sering mendegar tentang kalimat deskriptif saat mengikuti pelajaran bahasa Indonesia. Tapi pertanyaannya, apakah setiap orang masih mampu mengingat dengan baik pemahamannya tentang apa itu kalimat dekriptif?

Bila sebagian besar orang telah melupakan pemahamannya tentang kalimat deskriptif, maka artikel ini hadir untuk membahas tentang kalimat deskriptif. Memahami kalimat deskriptif merupakan hal yang penting, tak hanya untuk menambah wawasan, tapi juga memperlancar proses komunikasi.

Setiap jenis kalimat memegang peranan penting dalam memperlancar proses komunikasi, serta meningkatkan kemampuan berbicara seseorang. Maka, sangatlah penting kiranya agar setiap orang dapat memahami apa itu kalimat deskriptif.

Apa itu Kalimat Deskriptif?

Kalimat deskriptif merupakan sebuah paragraf yang ditulis dengan tujuan untuk memberikan gambaran ataupun penjelasan tentang suatu hal kepada pembacanya. Penjelasan dan penggambaran dalam kalimat deskriptif bisa berupa fisik, maupun psikis secara mendetail agar orang bisa memahaminya.

Baca juga:  Bagaimana Proses Terjadinya Interaksi Sosial?

Kalimat deskriptif pada dasarnya lebih sering menekankan penggambarannya pada ukuran, warna, berat, atau hal lainnya yang berkaitan dengan sifat. Bagaimanapun juga, kalimat deskriptif akan membuat orang juga ikut memahami dan merasakan hal yang sedang digambarkan sebagai paragraf deskriptif.

Ciri Kalimat Deskriptif

Kalimat deskriptif memiliki beberapa ciri yang dapat dikenali sebagaimana berikut ini.

  • Kalimat Deskriptif bertujuan untuk menggambarkan dan menjelaskan sesuatu hal secara detail.
  • Kalimat Deskriptif menjelaskan tentang gambaran wujud, ukuran, warna, sifat dan juga suasana.
  • Kalimat Deskriptif dapat menjelaskan segala hal yang dapat di-interpretasikan oleh panca indera manusia.
  • Kalimat Deskriptif membuat para pembacanya dapat merasakan dan membayangkan hal yang sedang dideskripsikan.
  • Kalimat Deskriptif dipenuhi banyak frasa yang beresensi pada sifat atau suasana.
Baca juga:  Pidato Tentang Disiplin yang Menginspirasi
Apa itu Kalimat Deskriptif
sumber gambar ; unsplash.com

Susunan Kalimat Deskriptif

  • Kalimat Deskriptif tersusun atas bagian Identifikasi, yakni bagian bagian menjelaskan tentang identitas objek yang sedang digambarkan dalam kalimat deskripsi.
  • Kalimat Deskriptif¬† memiliki bagian Klasifikasi, yakni bagian yang memuat tentang aturan penulisan berdasarkan standar dan aturan yang ditentukan.
  • Kalimat Deskriptif memiliki unsur Deskrisi Bagian, berupa bagian inti dari kalimat deskripsi, yang memberikan gambaran dan penjelasan dari objek yang dibahas.

Contoh Kalimat Deskriptif

Zion Williamson adalah Pebasket profesional asal Amerika Serikat yang bermain di New Orleans Pelicans. Alumnus Duke University yang memiliki postur setinggi 198 cm. Zion mahir bermain di posisi Power Forward dan bahkan center. Hal itu karena dia memiliki postur tubuh yang sangat kekar dan juga berotot untuk berduel dengan lawan dibawah Ring.

Baca juga:  Cari Jurusan Kuliah Yang Tidak Ada Matematika? Ini Salah Satu Rekomendasinya!

Sumber referensi ; https://rumus.co.id/contoh-kalimat-deskripsi/