Aplikasi Quora adalah Apa dan Bagaimana Sejarahnya?

Gambar dari voi.id

Sebagian besar dari kita pasti sudah tidak asing lagi dengan Quora. Bahkan, mungkin ada diantara kita yang pernah berbagi cerita atau ikut berkomentar di Quora. Dilansir dari Wikipedia, Quora adalah situs pertukaran pengetahuan yang sudah berdiri sejak tahun 2009 silam.

Meski begitu, situs web Quora mulai dibuka untuk umum pada 21 Juni 2010. Quora mengumpulkan berbagai pertanyaan dan jawabannya pada topik-topik tertentu. Pengguna diperbolehkan untuk ikut berkolaborasi dengan memberikan suara atau mengusulkan perbaikan jawaban.

Mengenal Aplikasi Quora

Selain berbasis web, Quora juga memiliki aplikasi sendiri. Aplikasi tersebut telah diluncurkan di App Store dan Google Play Store. Quora bisa diunduh secara gratis pada kedua layanan distribusi digital tersebut. Dengan mengunduh aplikasi Quora, kamu tidak perlu bolak balik buka website dan menjadi lebih mudah untuk mengaksesnya.

Baca juga:  Mengenal Apa itu Independen? Pengertian, Jenis dan Contohnya

Sederhananya, aplikasi Quora adalah platform tanya jawab yang memungkinkan orang untuk berbagi dan mengembangkan pengetahuan apapun yang dimilikinya. Semua orang memiliki kesempatan yang sama untuk saling berbagi cerita unik, menarik, dan bahkan mendapatkan solusi dari jawaban pengguna lainnya.

Di aplikasi Quora, kamu dapat mengajukan pertanyaan tentang berbagai subjek, mendapatkan pengetahuan baru dari informasi yang kamu baca, atau membagikan pengetahuan maupun pengalaman yang kamu miliki. Quora menjadi salah satu tempat untuk berbagi pengetahuan dan memahami dunia dengan lebih baik.

Sejarah Quora

Quora didirikan oleh mantan chief technical officer di Facebook, Adam D’Angelo. Tak sendirian, D’Angelo membangunnya bersama Charlie Cheever. D’Angelo sangat serius dalam mengembangkan Quora. D’Angelo rela keluar dari Facebook pada Januari 2010 untuk fokus membuat Quora.

Baca juga:  Cara Mencari Tinggi Balok Secara Mudah

Hal yang menginspirasi D’Angelo untuk menciptakan Quora berasal dari pikirannya sendiri. D’Angelo berpikir bahwa banyak sekali situs questions-and-answers di Internet, tetapi tidak ada yang cukup bagus. Oleh sebab itu, D’Angelo mencoba membuat situs yang lebih baik dan lebih bagus dari situs tanya jawab yang pernah ada sebelumnya.

Pada Maret 2010, Quora menerima modal dari Benchmark Capital sekaligus memberikan nilai startup ini senilai 86 juta dolar. Pada bulan Desember 2010, Quora mulai menarik minat banyak orang. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya basis pengguna Quora. Meskipun masih baru, tetapi Quora berhasil tumbuh dengan pesat di internet. 

Di Indonesia sendiri, Quora bahasa Indonesia baru muncul pada 30 Mei 2018. Meski begitu, sudah ada banyak jawaban di Quora berbahasa Indonesia yang bertanggalkan sebelum waktu peluncurannya. Hal ini karena sebelum diluncurkan secara resmi, Quora sudah ada masa percobaan selama dua bulan.

Baca juga:  Ternyata ini Perbedaan Ringkasan dan Ikhtisar yang Jarang Diketahui

Nah, itulah pembahasan singkat tentang aplikasi Quora adalah apa dan bagaimana sejarahnya. Semoga informasi ini dapat menambah pengetahuan kamu ya!