Apakah SNMPTN Ada Tes? Temukan Jawabannya Disini!

sumber gambar : itsdhonal.blogspot.com

Barangkali, tak semua pelajar memahami perihal SNMPTN, apakah SNMPTN ada tes? Pertanyaan yang cukup sederhana namun perlu mendapatkan jawaban. Pasalnya, mungkin masih ada sebagian kecil pelajar yang belum memahami seputar SNMPTN.

Pada dasarnya, dalam berbagai seleksi ataupun pendaftaran masuk di bidang lembaga apapun, hampir selalu dipastikan akan melalui serangkaian tes terlebih dahulu. Termasuk dalam seleksi masuk perguruan tinggi, hampir semuanya akan dilalui dengan tes tulis.

Namun, bila kembali ke pertanyaan awal tadi, apakah SNMPTN ada tes? Maka, jawabannya adalah TIDAK ADA Tes. SNMPTN merupakan jalur seleksi masuk perguruan tinggi negeri yang berbeda dengan berbagai jalur lainnya.

Jalur SNMPTN melakukan metode seleksi dengan mengacu pada capaian akademik pendaftarnya melalui prestasi akademik yang tertera pada rata-raa nilai rapornya. Selain melalui nilai rapor, SNMPTN juga menyeleksi pesertanya melalui prestasinya di berbagai bidang perlombaan dan juga berbagai kompetensi keahlian.

Baca juga:  Yuk Cari Tahu, Perbedaan SBMPTN dan SNMPTN!

Hal tersebut dapat dibuktikan oleh peserta SNMPTN dengan melampirkan bukti sertifikat yang didaptkan dari partisipasinya saat mengkuti atau bahkan menjuarai suatu perlombaan, semisal OSN dan juga kompetensi keahlian. Hal tersebut bisa menjadi faktor pendukung sekaligus nilai tambah bagi peserta SNMPTN agar bisa diterima dan lolos pada program studi di universitas negeri pilihannya.

Sekali lagi, bila terdapat pertanyaan “apakah SNMPTN ada tes?” maka, jawabannya adalah TIDAK ADA TES. Justru, peserta yang lolos pada tes SNMPTN terbilang sangat hebat, karena bisa diterima masuk perguruan tinggi negeri tanpa perlu menjalani serangkaian tes tulis untuk membuktikan kemampuan akademiknya.

sumber gambar : pariwaraku.com

Tak hanya terbebas dari ujian tes tulis dan kemampuan lainnya, para pelajar yang lolos pada jalur SNMPTN juga memiliki beberapa keuntungan.

Baca juga:  Cara Menghitung Rata-rata Rapor SNMPTN Secara Jitu

Pertama, peserta yang lolos pada jalur SNMPTN bisa memiliki banyak waktu untuk mempersiapkan diri sebelum memulai studi perkuliahannya. Seperti mencari kost, bila calon mahasiswa yang bersangkutan datang dari luar kota dan juga mencari berbagai informasi lainnya. Hal itu sangat mungkin dilakukan, karena SNMPTN merupakan jalur seleksi yang pertama kali dibuka dan mengumumkan hasil kelulusannnya.

Kedua, mahasiswa yang lolos pada program SNMPTN tak hanya terbebas dari serangkaian tes kemampuan, tetapi juga dikenakan biaya UKT yang lebih terjangkau. Hal itu dikarenakan adanya semacam istilah subsidi UKT, sehingga mahasiswa yang lolos SNMPTN pada umumnya akan dikenakan UKT pada golongan I dan II. Secara umum, penetapan golongan UKT yang harus dibayarkan akan didasarkan pada penghasilan orang tua. Namum, pada dasarnya, besaran UKT yang harus dibayarkan mahasiswa yang lolos di jalur SNMPTN hampir pasti tidak akan lebih besar ketimbang nominal UKT mahasiwa yang diterima pada jalur SBMPTN dan bahkan juga Ujian Mandiri.

Baca juga:  Yuk Cari Tahu, Apakah yang Dimaksud dengan SNMPTN?

Sekian, penjelasan mengenai apakah SNMPTN ada tes beserta sederet keuntungan lain yang didapt oleh mahasiswa yang diterima lolos pada jalur SNMPTN.

Sumber referensi : https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5898232/4-keuntungan-ikut-snmptn-2022-langsung-masuk-kampus-tanpa-tes