Apakah SMK Bisa Ikut SNMPTN? Ini ulasannya!

Sumber : padangpanjang.ac.id

Telah sama-sama kita ketahui bahwa ada jalur seleksi pertama siswa-siswi SMA sederajat untuk dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang perguruan tinggi, yaitu SNMPT. Seleksi yang difokuskan pada nilai akademik siswanya ini menjadi seleksi yang paling di gadang-gadangkan oleh calon mahasiswa baru. Namun, apakah Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) bisa ikut SNMPTN? Lalu bagaimana konversi nilai akademiknya? Lalu bagaimana peluangnya?

Salah satu tahapan seleksi jalur SNMPTN adalah pengisian nilai siswa di PDSS. Pada pelaksanaan tahun lalu, sejumlah SMK di Indonesia mengalami kesulitan dalan konversi nilai mata pelajaran. Lantas apakah di tahun 2022 ini SMK juga masih perlu melakukan konversi nilai?

Konversi nilai pada SMK diperlukan karena beragamnya jurusan. Tim PDSS menegaskan bahwa tahun ini nilai-nilai siswa SMK diberikan placeholder atau baris nilai khusus untuk mengakomodasi mata pelajaran yang beragam. Dengan demikian, sebuah nilai siswa bisa diisi sesuai mata pelajaran yang diajarkan di SMK.

Baca juga:  Daftar Jurusan dan Biaya Kuliah di Universitas Negeri Malang (UM) 2022, Cek Disini!
                                                    Sumber : detik.com

LTMPT memang tidak memberikan informasi terkait pemberlakuan placeholder nilai mata pelajaran SMK. di tahun 2022 ini, SMK bisa mengisikan nilai dari keterangan mata pelajaran sesuai yang dijalankan siswa di sekolah. Tahun ini, LTMPT memberikan satu kolom yang memungkinkan untuk menambahkan nilai sesuai mata pelajaran yang diampu. Dengan demikian, SMK kini bisa mengisi nilai sesuai mata pelajaran yang diampu untuk mengikuti seleksi jalur SNMPTN tahun 2022.

Namun, jika berbicara mengenai peluang, siswa dari SMK juga memiliki peluang yang sama dengan siswa SMA atau MA lainnya. Perihal diterima atau tidaknya, panitia LTMPT telah memiliki standart khusus dalam penilaian yang dipengaruhi oleh beberapa faktor, salah satunya adalah PTN akan melihat track record sekolah asal.

Baca juga:  Simak Persyaratan Umum Pendaftaran Beasiswa LPDP

Nah, agar tidak salah langkah dalam mengikuti SNMPTN mari kita bahas apa saja sih tips menembus SNMPTN bagi siswa SMK? 

  1. Pahami Persyaratan Pendaftaran SNMPTN 2022
    • Memiliki prestasi unggul dibidang akademik
    • Memiliki NISN dan terdaftar pada PDSS
    • Memenuhi syarat seleksi pada PTN yang dituju
  1. Pilih jurusan yang sesuai dengan jurusan saat SMK yang kamu tempuh
  2. Lihat peta selebaran alumni SMK yang telah masuk PTN tersebut
  3. Cari tahu jatah penerimaan SMK di setiap Perguruan Tinggi Negeri dan kuota setiap jurusannya
  4. Prestasi di sekolah akan menjadi bahan pertimbangan
  5. Konsultasi kepada guru BK dan mata pelajaran yang ingin ditempuh saat kuliah.

Bagaimana? 

Apakah SMK bisa ikut SNMPTN?

Baca juga:  Kejar Persiapanmu dengan Paket Intensif UTBK SNBT dari Ruangguru

Bisa dong jangan khawatir, bagi kamu siswa-siswi SMK tidak perlu lagi khawatir dan ragu untuk mendaftarkan diri di Perguruan Tinggi Negeri melalui seleksi jalur SNMPT di tahun 2022 ini. Kalian memiliki peluang yang sama dengan siswa – siswi SMA Sederajat lainnya. 

Sumber rujukan :

https://www.detik.com/edu/seleksi-masuk-pt/d-5869369/snmptn-2022-bagaimana-konversi-nilai-siswa-smk-buat-isi-pdss#:~:text=Dengan%20demikian%2C%20SMK%20kini%20bisa,saja%20untuk%20mengikuti%20SNMPTN%202022