Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Penjelas?

Sebuah paragraf terdiri dari dua jenis kalimat, yaitu kalimat utama dan kalimat penjelas. Kalimat penjelas berfungsi menguraikan kalimat utama. Jika dalam paragraf terdiri dari 5 kalimat, maka kalimat utamanya ada satu kalimat sedangkan kalimat penjelas ada 4 kalimat. Umumnya, letak kalimat penejelas ditempatkan setelah kalimat utama. 

Dalam sebuah karya tulis, kalimat penjelas berisi data-data, fakta maupun opini yang dapat mendukung kalimat utama. Hal ini berfungsi untuk membuat para pembaca dapat dengan mudah memahami apa yang ingin disampaikan oleh penulis. Untuk memahami kalimat penjelas dengan lebih baik lagi, simaklah penjelasan berikut ini. 

Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Penjelas?

Dalam KBBI, penjelas didefinisikan sebagai sesuatu yang menjelaskan sehingga bertambah terang dan nyata. Artinya, kalimat ini berfungsi mendukung gagasan utama agar bertambah nyata. 

Baca juga:  Visi Misi SMP Terbaik

Dilihat dari namanya, kalimat penejelas adalah kalimat yang berisi penjelasan terkait gagasan pokok dalam sebuah tulisan. Kalimat ini akan mengurai dan menjelaskan secara rinci isi dari kalimat utama. Dengan kata lain, kalimat penjelas lebih khusus karena memuat detail topik yang akan diulas. 

Kosasih (2017) menuturkan bahwa kalimat penjelas adalah kalimat yang fungsinya menjelaskan gagasan utama, dimana kalimat ini umumnya terdiri dari lebih dari satu kalimat. 

Ciri-Ciri Kalimat Penjelas

Setelah memahami pengertian kalimat penjelas, maka kamu bisa melihat beberapa ciri khusus yang dimiliki kalimat ini, diantaranya:

  1. Kalimat penjelas berkaitan dengan kalimat utama
  2. Berisi data, contoh, fakta yang berkaitan dengan ide pokok
  3. Kalimat penjelas sifatnya khusus
  4. Berupa penjelasan dan deskripsi kalimat pkkok yang lebih rinci
  5. Kalimat penjelas terdiri dari dua kalimat atau lebih dalam sebuah paragraf
  6. Memuat kata penghubung atau konjungsi, seperti: contohnya, misalnya, adalah, dengan kata lain, dll. Hal ini bertujuan agar tercipta keterkaitan antar kalimat. 
Baca juga:  Inilah Review Lengkap Ruangguru Vs Zenius, Mana Pilihan Kamu?

Fungsi Kalimat Penjelas

Setiap kalimat memiliki fungsi masing-masing dalam sebuah paragraf, begitupun dengan kalimat penjelas. Selain berfungsi supaya dapat memahami maksud yang disampaikan oleh penulis, kalimat penjelas juga memiliki fungsi untuk memaparkan informasi pendukung agar paragraf yang dibuat lebih berisi dan padu. 

Paragraf yang berisi dan padu ini akan membuat pembaca lebih mudah memahami dan menangkap informasi yang disajikan secara keseluruhan. Selain pembaca mendapat pengetahuan baru, penulis juga berhasil menciptakan sebuah tulisan yang baik dan berkualitas.

Itulah penjelasan singkat mengenai apa yang dimaksud dengan kalimat penjelas yang berisi pengertian, ciri-ciri dan juga fungsinya. Semoga dengan penjelasn ini pembaca dapat memahami dan mengidentifikasi kalimat penjelas dalam sebuah kalimat. 

Baca juga:  Cara Mendapatkan Sertifikat dari Kursus Online

Sumber:

https://hot.liputan6.com/read/4750588/kalimat-penjelas-adalah-berisi-keterangan-tambahan-kenali-ciri-ciri-dan-contohnya

https://katadata.co.id/intan/berita/61aa184aed1e0/mempelajari-kalimat-penjelas-lewat-contoh-dan-ciri-cirinya