Apa yang Dimaksud dengan Kalimat Kompleks?

Saat belajar bahasa Indonesia, kamu pasti pernah mendengar salah satu jenis kalimat yaitu kalimat kompleks. Apa yang dimaksud dengan kalimat kompleks? Bagaimana contohnya? dan apa saja bentuk-bentuknya? Pada artikel ini akan dijelaskan berbagai hal terkait kalimat tersebut.

Kalimat Kompleks adalah sebuah kalimat yang terdiri dari beberapa klausa, yaitu klausa utama dan klausa subordinatif. Klausa utama dalam kalimat ini adalah klausa yang dapat berdiri sendiri, sedangkan klausa subordinatif adalah kalimat yang bergantung pada kalimat utama atau tidak dapat berdiri sendiri. Dengan kata lain, klausa subordinatif tidak dapat menjelaskan apa-apa tanpa adanya klausa utama.

Pengertian Kalimat Kompleks

Kalimat kompleks dalam Buku Pintar Tenses (2009) oleh Indriastuti adalah kalimat yang didalamnya terdiri dari lebih dari satu proses pokok dan termasuk gabungan beberapa kalimat simpleks. Dalam kalimat kompleks memiliki dua kata kerja utama dan dihubungkan oleh kalimat penghubung atau konjungsi. Oleh karena itu, kalimat ini disebut juga dengan kalimat majemuk.

Baca juga:  Inilah Daftar Teknologi yang Terinspirasi dari Tumbuhan, Nomor 3 Mudah Ditemukan

Alwi dkk (1998) menjelaskan bahwa kalimat majemuk adalah kalimat yang didalamnya terdapat satu klausa atau lebih yang mana terdapat konjungtor (kata hubung), sehingga pada awal salah satu klausa akan ada pelesapan bagian dari klausa, terutama subjek.

Pada kalimat kompleks, kamu bisa menemukan dua buah predikat dalam satu kalimat. Dalam sebuah kasus, kalimat kompleks dihubungkan oleh kata penghubung, namun di lain hal hanya dipisahkan oleh tanda baca seperti koma. Contohnya : (1) Usaha Mira dan Nia berhasil, keduanya bersyukur kepada Allah SWT. (2) Ani tidak pergi ke stasiun melainkan ke terminal.

Jenis Kalimat Kompleks

Dalam Buku Pintar Tenses (2009) oleh Indriastuti, kalimat kompleks dibedakan dalam dua jenis kalimat, yaitu :

Baca juga:  Bagaimana Cara Menghargai Jasa Para Pahlawan? Ini Jawabannya

1.Kalimat Kompleks Hipotaktik

Kalimat kompleks hipotaktik adalah gabungan dua klausa atau lebih yang dilengkapi dengan konjungsi struktural, seperti: sebelum, sesudah, jadi, apabila, walaupun, karena, dan lain-lain. Setiap klausa memiliki kedudukan yang sederajat, karena konjungsi yang digunakan membuat ketergantungan logika pada keseluruhan kalimat.

2.Kalimat Kompleks Parataktik

Kalimat kompleks parataktik adalah kalimat yang terdiri atas dua klausa atau lebih dengan menggunakan konjungsi koordinatif, seperti : tetapi, dan, atau, dan maupun, tanda koma (,), dan tanda titik koma (;). Konjungsi tersebut menciptakan gagasan logika sejajar. Artinya, setiap klausa yang dihubungkan oleh konjungsi tersebut memiliki kedudukan yang sejajar. Masing-masing klausa dapat berdiri sendiri dan tidak tergantung antara yang satu dengan yang lain.

Baca juga:  Cara Menjadi OSIS di SMP? Pelajari Tipsnya Disini!

Itulah penjelasan terkait kalimat kompleks yang mencakup pengertian, contoh dan juga jenis-jenisnya. Semoga informasi ini dapat bermanfaat bagi pembaca yang ingin mengetahui tentang kalimat kompleks.

Sumber:

https://www.suara.com/news/2021/09/24/205410/apa-itu-kalimat-kompleks-simak-contohnya-berikut

https://www.bola.com/ragam/read/4969779/pengertian-kalimat-kompleks-ciri-jenis-dan-contohnya-yang-perlu-dicermati