Apa Saja yang Dipelajari di Fakultas Kedokteran? Ini Daftarnya

apa saja yang dipelajari di fakultas kedokteran
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Tahukah kamu, Apa Saja yang Dipelajari di Fakultas Kedokteran? Ini Daftarnya, selengkapnya dalam ulasan artikel ini. Membicarakan tentang profesi Dokter, sedikit banyak pasti akan membawamu pada pertanyaan ; apa saja yang dipelajari?

Bagaimana tidak? sebab, tidak sedikit diantara kita yang hanya sebatas mengetahui bahwa jurusan pendidikan Dokter bertujuan untuk mencetak para Dokter Muda untuk masa depan. Ketika beranjak dewasa, kita tentu sedikit banyak sudah mulai mengembangkan pertanyaan ; yakni, apa saja materi yang dipelajari dalam jurusan kedokteran?

Sehingga, bagi kamu hendak berkuliah di jurusan Kedokteran, kamu perlu untuk mengetahui apa saja yang dipelajari di fakultas kedokteran. Sedangkan bagi kamu yang tidak melanjutkan studi perkuliahan di Jurusan Kedokteran, kamu tetap perlu untuk mengetahui apa saja materi perkuliahan yang diajarkan di fakultas kedokteran.

Apa Saja yang Dipelajari di Fakultas Kedokteran?

Tentu ada banyak sekali daftar mata kuliah yang diajarkan dan dipelajari di fakultas kedokteran. Berikut ini adalah 10 mata kuliah yang wajib dipelajari dalam jurusan kedokteran.

Baca juga:  Apa Itu Teks Argumentasi? Ini Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

Anatomi di Fakultas Kedokteran

Mahasiswa Kedokteran wajib untuk mempelajari dan memahami tentang Anatomi. Bab ini memuat materi tentang bagaimana susunan tubuh mahluk hidup, termasuk manusia. Serta seperti apa dan bagaimana organ dalam mahluk hidup, termasuk manusia.

Kardiovaskuler di Fakultas Kedokteran

Seorang Dokter wajib sekali untuk memahami tentang sistem kerja organ jantung dan juga pembuluh darah. Materi Kardiovaskuler merupakan materi yang wajib dipahami oleh mahasiswa fakultas kedokteran.

Respiratori

Seorang dokter juga wajib memahami bagaimana sistem pernafasan beserta berbagai penyakit yang dapat menganggu organ pernafasan. Sehingga, wajib untuk mempelajari tentang materi Respiratori.

apa saja yang dipelajari di fakultas kedokteran
sumber gambar : unsplash.com

Reproduksi

Saluran dan juga organ reproduksi pada tubuh manusia juga tak kalah wajibnya untuk dipahami oleh mahasiswa kedokteran.

Baca juga:  Sejarah Asean, Latar belakang dan Anggotanya

Ilmu Bedah

Bidang kedokteran cukup identik dengan kegiatan bedah dalam keperluan Operasi pasien dan lain sebagainya. Materi ini juga sudah pasti akan dipelajari oleh para mahasiswa di fakultas kedokteran.

Ilmu Penyakit Dalam

Ada banyak sekali jenis penyakit dalam, dan juga cara pemeriksaan hingga metode pengobatannya. Hal itu termasuk kompetensi yang wajib dipelajari oleh mahasiswa di fakultas Kedokteran.

Gastrointestinal

Seorang calon Dokter wajib memahami sistem dan saluran pencernaan pada manusia mulai dari prosesnya melalui bab Gastrointestinal.

Metabolisme dan Energi

Sistem Metabolisme dan energi dalam tubuh manusia juga akan dipelajari oleh mahasiswa kedokteran dalam kegiatan perkuliahannya.

Biologi Seluler

Seorang calon Dokter juga akan mempelajari tentang Sel dalam kompleksitas pembahasan yang jauh lebih mendalam hingga membentuk suatu mahluk hidup.

Baca juga:  Daftar Lengkap Jurusan dan Biaya Kuliah di UPN Veteran Jakarta 2022, Cek Disini!

Genetika

Bab Genetika akan membawa para mahasiswa di fakultas kedokteran untuk memahami tentang apa dan bagaimana penurunan Gen pada manusia.