Apa Itu Teks Tanggapan? Ini Pengertian, Ciri, dan Strukturnya

Sumber: kompascom

OMTELOLET – Seperti yang kita tahu, manusia merupakan makhluk sosial. Dengan begitu tanggapan atau interaksi sesamanya menjadi hal penting dan sering kita temui dalam kehidupan. Dalam hal memberikan tanggapan, manusia bisa mewujudkannya dalam sebuah karya atau objek, misalnya teks tanggapan. Apa itu teks tanggapan?

Apa Itu Teks Tanggapan?

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), tangapan bisa diartikan sebagai suatu sambutan terhadap ucapan. Hal itu dapat berwujud kritik, komentar, dan lain sebagainya. Oleh karena itulah, teks tanggapan bisa juga disebut sebagai komentar, evaluasi, kritik, dan sebagainya.

Baca juga:  4 Proses Penciptaan Manusia Menurut Sains

Sementara itu, Sujanto, dalam penelitiannya pada tahun 2004 menjelaskan bahwa tanggapan merupakan gambaran pengamatan yang berasal dari kesadaran seorang manusia yang telah melakukan pengamatan.

Apa yang disampaikan manusia berupa tanggapan tersebut biasanya berangkat dari sudut pandang atau pengamatannya. Apa yang kemudian muncul dalam pemikirannya, itulah yang disampaikan berupa teks tanggapan.

Itulah gambaran singkat mengenai apa itu teks tanggapan. Selanjutnya, untuk lebih memahami teks tanggapan, baiknya kamu juga memahami ciri dan strukturnya berikut ini.

Ciri-Ciri Teks Tanggapan

Setelah mengetahui pengertian teks tanggapan, ada baiknya pula kamu memahami ciri-ciri yang dimilki untuk lebih memahaminya. Berikut adalah beberapa ciri teks tanggapan.

  • Teks tanggapan memiliki isi yang bersifat objektif. Objektif sendiri dapat dipahami sebagai suatu yang berdasarkan fakta dan data atau keadaan yang sebenarnya.
  • Teks tanggapan memiliki kaidah kebahasaan yang unik. Kaidah kebahasaan ini disampaikan secara jelas dan logis, tetapi tetap mematuhi norma sopan santun yang berlaku di masyarakat.
  • Teks tanggapan memiliki struktur teks yang terdiri dari 3 bagian, mulai dari evaluasi, deskripsi, dan penegasan kembali.
Baca juga:  Jurusan Psikologi Bisa Lihat Kepribadian Manusia? Cek Daftar Mata Kuliahnya yang Dijamin Menantang

Struktur Teks Tanggapan

Selain mengerti ciri-ciri teks tanggapan, baiknya kamu juga memahami struktur yang membangun sebuah teks tanggapan. Sehingga, kamu akan lebih memahami apa itu teks tanggapan. Berikut adalah struktur teks tanggapan.

1. Evaluasi

Evaluasi bisa disebut sebagai bagian wawal dari teks tanggapan yang berisi pernyataan umum mengenai isu atau permasalahan yang disampaikan oleh penulis. Beberapa ahli mengatakan bahwa bagian evaluasi ini merupakn suatu hal yang menjadi fokus atau konsentrasi dari seorang penanggap

2. Deskripsi

Setalah menyampaikan permasalahan yang menjadi konsentrasi, bagian selanjutnya adalah penegasal ulang. Pasalnya, pada bagian deskripsi ini, penulis menyampaikan inti pembahasan. Dalam bagian ini pula, penulis menyampaikan opini serta tanggapannya yang kemudian disertai bukti atau fakta pendukung.

Baca juga:  Proses Pematangan Buah Pisang, Begini Cara Cepatnya

3. Penegasan Ulang

Penegasan ulang pada bagian akhir teks tanggapan merupakan bagian penutup. Bagian ini memiliki fungsi untuk memberikan simpulan yang ditentukan oleh penulis terkait isu yang akan dibahas.
Demikian uraian mengenai apa itu teks tanggapan beserta ciri dan strukturnya. Semoga bermanfaat dan selamat belajar!