Apa itu teks argumentatif? Temukan Ciri dan Strukturnya

Sumber: greatmind

OMTELOLET – Seseorang yang kritis, jika membaca teks argumentasi pasti terasa sangat menyenangkan. Pasalnya, teks argumentasi memuat hal-hal kritis dan berusaha mengungkap kebenaran dalam menyikapi sebuah isu terkini. Lantas, apa itu teks argumentatif?

Apa itu teks argumentatif?

Teks argumentatif berarti salah satu tulisan yang memuat opini serta argumentasi penguatnya. Selain itu, teks tersebut ditulis berdasarkan fakta dan disertai alasan atau bukti yang nyata.

Teks argumentasi merupakan teks yang mengajak dan mempengaruhi pembaca agar memiliki kesepakatan atas esensi yang ditulis. Teknis penulisannya pun disusun secara kritis dan logis. Hal itu berguna untuk mempengaruhi pembaca.

Baca juga:  Cara Bayar Ruangguru Via Bank Mandiri

Lantas, Bagaimana cara menyusun teks argumentasi? Di antara cara menulisnya adalah dengan membaca buku, melakukan penelitian, wawancara dan masih banyak lagi. Cara-cara tersebut dilakukan untuk memperoleh data atas kebenarannya.

Jadi, teks argumentatif merupakan salah satu teks yang menarik dan memiliki perspekif serta wawasan baru bagi pembaca. Terdapat banyak pelajaran di dalamnya. Sebab, dalam teks argumentatif pembaca diajak menyelami sebuah isu dengan sudut pandang penulis.

Untuk itu, teks argumentasi juga dapat diartikan sebagai upaya penulis untuk membuktikan kebenaran. Nah, itulah sedikit penjelasan mengenai apa itu teks argumentatif. Untuk lebih memahaminya, perhatikan pula ciri-ciri dan strukturnya berikut.

Ciri-Ciri Teks Argumentatif

Untuk bisa membedakan teks argumentatif dengan teks yang lainnya, kamu bisa memahami ciri-ciri teks argumentasi berikut.

  • Memiliki bukti atas kebenaran
  • Memiliki alasan yang kuat untuk mendukung opini atau argumentasinya
  • Menggunakan bahasa denotatif
  • Menggunakan analisis rasional
  • Bersifat objektif serta membatasi subjektifitas dan emosional
Baca juga:  Pelatihan Bootcamp Skill Academy Pro: Review Fitur, Layanan, Keunggulan & Harga

Struktur Teks Argumentatif

Selain ciri-ciri di atas, salah satu hal yang dapat membedakan teks argumentasi dengan teks yang lainnya dalah struktur teksnya. Berikut adalah struktur teks argumentasi.

1. Pendahuluan

Dalam bagian pertama atau pendahuluan ini, penulis cukup menuliskan hal yang menarik dari tema yang akan dibahas. Penulis menyatakan secara padat dan gamblang tentang tema tersebut agar pembaca tertarik untuk membacanya lebih lanjut.

2. Tubuh Argumen

Bagian kedua ini berisi tentang argumen pembaca. Pada bagian ini pula penulis mengeksplorasi penulisannya. Penulis akan menyampaikan pendapatnya yang didukung dengan data, fakta dan alur yang logis.

3. Kesimpulan

Bagian terakhir adalah kesimpulan. Penulis teks argumentasi tidak jauh berbeda dnegan penulisan yang lain. Pada bagian kesimpulan ini, apa yang dipaparkan sebelumnya dapat dituliskan secara lebih singkat.

Baca juga:  Perbedaan Teks Anekdot dan Humor

Itulah penjelasan mengenai apa itu teks argumentatif. Jika sudah memahami ciri dan strukturnya, sebaiknya kamu lebih banyak melihat contoh-contoh teks argumentatif. Dengan begitu, kamu akan lebih paham mengenai apa itu teks argumentatif.