Apa Itu Skripsi? Pengertian, Jenis dan Sistematikanya

OMTELOLET – Apa itu Skripsi? ada banyak sekali tahapan kelulusan yang wajib kamu ketahui, tapi sejauh mana kamu bisa memahaminya? semua terjawab disini. Artikel kali ini akan membahas tentang apa yang dimaksud dengan Skripsi, sebagai tahapan akhir kelulusan untuk menjadi seorang sarjana.

Jalan panjang seorang anak muda meraih gelar sarjana tentu dimulai saat dirinya sedang bersaing dengan ribuan peserta lainnya dalam seleksi masuk. Lalu kemudian, setelah resmi diterima dan dinyatakan secara sah menjadi mahasiswa, harus menjalani sederet perkuliahan beserta tugas-tugas yang menyertai.

Kemudian, memasuki semester 7-8, seorang mahasiswa akan mulai menjalani satu per satu tahapan untuk segera lulus dari masa studi perguruan tingginya. Nah, tahapan akhir kelulusan seorang mahasiswa dari perguruan tinggi adalah Skripsi. Tahukah kamu apa itu Skripsi?

Pengertian ‘Apa itu Skripsi?’

Skripsi merupakan suatu jenis karya tulis imliah yang dihasilkan oleh kegiatan penelitian seorang Mahasiswa yang sedang menempuh pendidikan Stara 1 (Sarjana). Skripsi menjadi tugas akhir sekaligus syarat utama kelulusan seorang Mahasiswa agar bisa menyandang gelar Sarjana.

Baca juga:  Bagaimana Cara Menghormati Orang Tua dan Guru

Pastinya, skripsi tidak sekedar dibuat sebagai syarat kelulusan yang berisi kegaiatan dan laporan penelitian yang dibuat oleh seorang Mahasiswa. Skripsi juga mengajarkan banyak hal, salah satunya yakni agar seorang mahasiswa bisa secara logis menganalisis dan menyelesaikan suatu permasalahan.

Selain itu, dengan mengerjakan skripsi secara mandiri, seorang mahasiswa dapat mengasah kemampuannya untuk bisa menulis secara sistematis. Serta, bagaimana seorang mahasiswa belajar untuk memaparkan dan menganalisa setiap data dan laporan dalam bentuk laporan yang tersusun secara sistematis.

Apa itu Skripsi
sumber gambar : unsplash.com

Jenis-Jenis Skripsi

Skripsi bisa terbagi kedalam beberapa jenis, salah satunya yakni dengan berdasarkan pada metode penelitian yang digunakan oleh penulisnya. Berikut ini adalah jenis skripsi berdasarkan perbedaan metode penelitiannya.

Baca juga:  Review Program TOEFL IBT English Academy

Metode Kuantitatif

Jenis skripsi ini dalam teknik pengerjaan penelitiannya banyak bersumber pada kuesioner maupun metode survei terhadap subjek penelitiannya. Setelah selesai menggali data, kemudian data dan informasi tersebut diolah dengan menggunakan perangkat lunak seperti SPSS untuk diketahui hasilnya.

Metode Kualitatif

Metode kualitatif menitikberatkan cara pengambilan data dan informasinya dengan melalui teknik wawancara dan observasi lapang yang mendalam. Data dan Informasi kemudian dianalisis berdasarkan kajian pustaka dan juga topik yang dibuat.

Sistematika Skripsi

  • BAB I, meliputi Latar Belakang, Rumusan Masalah, Tujuan Penelitian dan Manfaat Penelitian.
  • BAB II meliputi ; Kajian Pustaka, Hasil Penelitian Terhadulu, Kerangka Penelitian, Hipotesis.
  • BAB III, Tempat dan Waktu Penelitian, Jenis Penelitian, Prosedur Penelitian, Teknik Pengumpulan Data, Teknik Analisis Data.
  • BAB IV, Hasil Penelitian dan Pembahasan
  • BAB V, Kesimpulan dan Saran.
Baca juga:  Daftar Jurusan dan Biaya Kuliah di Universitas Negeri Malang (UM) 2022, Cek Disini!

 

sumber referensi : https://deepublishstore.com/apa-itu-skripsi/