Apa Itu Quora? Pengertian, Fitur dan Manfaatnya

Apa itu Quora
sumber gambar : unsplash.com

OMTELOLET – Apa itu Quora? Dewasa ini, media sosial semakin menancapkan peranan vitalnya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di era media digital. Baik kebutuhan dalam hal mencari informasi, berbisnis, maupun juga berkomunikasi, semua hal tersebut membutuhkan sumbangsih peranan media sosial.

Berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter hingga Instagram benar-benar menunjukkan eksistensi peranannya dalam memenuhi kebutuhan masyarakat di era media digital. Masing-masing media sosial tersebut bekerja dengan setiap keunggulan dan keunikannya masing-masing dalam memenuhi kebutuhan masyarakat.

Namun, terkadang, ada saatnya ketika orang-orang memerlukan suatu platform media sosial dengan sistem dan fitur yang lebih spesifik. Artinya, cara kerja dan orientasi programnya terbilang lebih sederhana dan terkhusus pada satu atau dua hal saja.

Baca juga:  Begini, Contoh Surat Pengunduran Diri yang Baik dan Benar

Semisal, media sosial yang fiturnya befokus pada seputar hal yang bersifat ‘tanya dan jawab’ dalam ruang lingkup Interaksi para penggunanya. Apakah ada? nah, simak ulasannya berikut ini.

Pengertian ‘Apa itu Quora?’

Quora merupakan suatu platform berbasis aplikasi yang bisa mewadahi kebutuhan interaksi masyarakat pengguna Quora dalam hal ‘tanya dan jawab’. Platform ini dibuat oleh dua pria asal Amerika Serikat, yakni Adam D’angelo dan Charlie Cheever sejak Juni 2009 dan resmi merilis situsnya pada Juni 2010.

Awal diluncurkannya, Quora hanya terseda dalam layanan versi yang berbahasa Inggris, kemudian pada April 2018, platform ini hadir dengan versi bahasa Indonesia. Terlepas dari pendapat berbagai orang mengenai kemiripan fitur Quora dengan media sosial lainnya, Quora terbukti mampu menghubungkan jutaan orang agar bisa bertukar ilmu dan juga informasi.

Baca juga:  Nyari Cafe di Jogja yang Nyaman dan Instagramable? Ini Rekomendasinya!
Apa itu Quora
sumber gambar : unsplash.com

Fitur Menarik dari Quora

Ada dua fitur utama yang sangat menarik dari Quora.

  • Pertama, ada fitur tanya jawab yang menekankan prinsip BNBR (Be Nice Be Respectfull), agar para pengguna bisa saling menjaga kesopanan dalam setiap interaksinya. Fitur BNBR ini terbilang sebagai fitur yang paling diminati, agar pengguna Quora bisa mengutarakan pertanyaannya dan bisa mendapatkan respon yang bernilai solutif.
  • Kedua, ada fitur Anonim yang memungkin terjaganya privasi seorang pengguna Quora yang sedang ingin bertanya seputar hal yang privatif pun juga sensitif. Sehingga, seseorang bisa mengutarakan berbagai cerita dan masalahnya secara leluasa tanpa khawatir indentitas privasinya diketahui orang lain.

Manfaat dari Quora

Secara umum, orang-orang yang berinteraksi dengan Quora sedikit banyak pasti memiliki minat dan hobi membaca dan juga menulis. Nah, dengan aktif berinteraksi di Quora, seseorang bisa menyalurkan hobi membaca dan menulis dalam dirinya untuk mendapatkan penghasilan. Caranya, tentu harus menjadi mitra dari Quora dan telah berhasil memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku.

Baca juga:  Heboh! Sekarang Berpenampilan Mirip Wanita, Aming Ungkap Alasannya

 

sumber referensi : https://osc.medcom.id/community/5-alasan-mengapa-quora-39-berbeda-39-dibandingkan-media-sosial-lainnya-3126