Apa itu Media Partner dan Contohnya? Berikut Info Lengkapnya

OMTELOLET – Istilah media partner seringkali muncul di berbagai event atau acara. Tahukah kamu tentang media partner? Yuk, cari tahu info selengkapnya berikut ini.

Pentingnya media partner sebagai salah satu faktor keberhasilan acara. Pasalnya, banyak sekali keuntungan yang akan diterima baik dari penyelenggara acara maupun media yang diajak kerja sama.

Apa itu Media Partner?

Media partner adalah kerjasama yang terjalin antara penyelenggara event dengan media baik TV, radio, online, maupun cetak.

Untuk kamu penyelenggara event, bekerja sama dengan media partner dapat meningkatkan kredibilitas event di mata publik. Dengan begitu, event kamu akan dilihat berkualitas dan layak dikunjungi.

Apa Keuntungan Kerja Sama dengan Media Partner?

Berikut ini adalah keuntungan bekerjasama dengan media partner.

1. Mendapatkan Bantuan Publikasi

Ketika ingin mengadakan sebuah event, mempublikasikan event ke khalayak umum adalah salah satu hal yang mesti dilakukan.

Baca juga:  5 Cara Agar Disiplin yang Bisa Diterapan dalam Keseharian

Nah, dalam hal publikasi ini, ada cukup banyak pilihan cara yang bisa dipilih. Salah satunya adalah dengan bekerja sama dengan media partner.

2. Semakin Banyak yang Tahu Acara yang Kamu Buat

Dengan adanya bantuan publikasi dari media yang sudah kamu ajak kerja sama, sudah pasti akan semakin banyak pihak-pihak yang tahu acaramu yang diselenggarakan. Apalagi jika media yang kamu ajak kerja sama termasuk media favorit di daerahmu.

3. Menambah Kredibilitas Acara

Keuntungan berikutnya yang akan kamu dapatkan sebagai penyelenggara event adalah bisa menambah kredibilitas acara. Apalagi jika media yang berhasil kamu ajak kerja sama termasuk media terkemuka. Terlebih lagi jika media tersebut levelnya sudah Nasional.

4. Acaramu Berpotensi Dibanjiri oleh Peserta

Sebagai penyelenggara, pastinya kamu menginginkan acara yang dibanjiri oleh para peserta atau pengunjung. Bantuan publikasi dari media partner berpeluang besar akan membuat peserta atau pengunjung acaramu membludak.

5. Menghemat Biaya Publikasi

Butuh budget cukup besar jika harus menyewa media untuk mempublikasikan acaramu. Namun, sebenarnya ini semua bisa kamu dapatkan secara cuma-cuma alias gratis. Namun dengan syarat jika kamu berhasil menjalin kerja sama dengan media partner.

6. Mempermudah Mendapatkan Sponsor Event

Dengan adanya publikasi yang massif dari media-media yang kamu ajak kerja sama, sudah pasti akan ada banyak pihak yang tahu. Salah satunya adalah dari pihak sponsor. Itulah kenapa menjalin kerjasama dengan media seperti ini bisa mempermudah kamu untuk mendapatkan sponsor event.

Baca juga:  Heboh! Silvia Azizah Mantan Personel Blink Menikah hingga Mengejutkan Penggemar

Bagaimana Cara Mendapat Media Partner?

Berikut ini adalah cara untuk memperoleh media partner.

1. Pilih Media yang Tepat

Kamu harus memilih media dengan penuh pertimbangan. Event skala nasional akan lebih pas jika bekerja sama dengan media yang cakupannya nasional pula, dan sebaliknya.

Selain itu, karakteristik dari event kamu juga harus diperhitungkan. Jika event kamu banyak menonjolkan elemen visual, media visual seperti TV dan youtube dapat lebih maksimal mengekspos acaramu.

Dengan pemilihan media partner yang tepat, dipastikan acara kamu akan terpublikasi dengan baik dan ramai dikunjungi.

2. Pengajuan Proposal

Dengan banyaknya proposal yang masuk, proses dari diterima hingga akhirnya direspon bisa sampai berhari-hari. Untuk itu, kamu sebaiknya mengirimkan proposal jauh sebelum hari H. Selain mengantisipasi respon yang lama juga memperlihatkan bahwa event kamu terencana dengan matang.

Tidak cukup sampai disitu, konten proposal juga harus baik. Pastikan isi proposal singkat dan jelas. Hal ini akan memudahkan pembaca untuk memahami isi proposal dengan cepat.

Selain konten, penawaran dan permintaan juga harus diperhatikan. Kamu dapat menawarkan konten eksklusif berupa foto atau video, wawancara eksklusif, dan area promosi media kepada media.

Baca juga:  Daftar Rekomendasi Susu Formula untuk Bayi Baru Lahir

Selain itu, kamu juga dapat menawarkan pemasangan logo media di semua materi promosi event. Sedangkan, kamu dapat meminta benefit berupa artikel acara, program TV/radio yang mengulas acaramu dan penempatan materi promo di laman web media.

Tawaran dan permintaan haruslah senilai. Senilai disini tentu saja tidak selalu tentang kuantitas. Beberapa media memiliki nama besar yang harus “dibayar mahal”. Semakin tinggi popularitas suatu media, semakin tinggi pula peawarannya.

3. Buat Memorandum of Understanding

Jika kata “sepakat” sudah tercapai, segerakan membuat surat perjanjian kerjasama (Memorandum of Understandin / MoU). Di dalam MoU, kamu harus menyertakan poin-poin kesepakatan dengan jelas dan detil.

Misalnya, untuk promosi cetak, tuliskan secara rinci ukuran dan juga jumlahnya sedangkan untuk iklan radio, tulis skripnya beserta durasi dan jadwal tayangnya. Hal ini diperlukan agar tidak ada kesalahpahaman.

Bekerja sama dengan media dapat menjadi faktor penentu keberhasilan suatu event. Pamor event kamu dan jumlah pengunjung sangat bergantung kepada media. Maka dari itu, proses pengajuan kerja sama dengan media harus dilakukan dengan serius.

Nah, itulah informasi lengkap mengenai media partner beserta cara untuk mendapatkannya. Semoga bermanfaat ya.